Jumat, 9 Desember 2022

Hadiri Tabligh Akbar di Kilang Cilacap, Gus Miftah Akui Kontribusi Pertamina Jaga Kedaulatan Energi

Juru dakwah, KH Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih akrab dengan nama Gus Miftah memberi tausiah dalam Tabligh Akbar & Doa Bersama dengan penyelenggara Kilang Cilacap, di lapangan Head Office (HO) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jumat (4/11/2022). (dok PT KPI)

Juru dakwah, KH Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih akrab dengan nama Gus Miftah, mengakui keberadaan Pertamina sangat bermanfaat dalam menjaga kedaulatan energi bangsa. Gus Miftah menyampaikannya dalam Tabligh Akbar & Doa Bersama yang diselenggarakan Kilang Cilacap, di lapangan Head Office (HO) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jumat (4/11/2022).


Cilacap, serayunews.com

Gus Miftah mengatakan, hasil survei Sosekbudkesmas memperlihatkan bahwa kehadiran Pertamina, berperan penting dalam ketersediaan sekaligus kedaulatan energi negeri.

“Terbukti bahwa Pertamina Cilacap, sejauh ini memberikan sumbangsih 40 persen untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Dalam acara bertema ‘Meraih Keberkahan untuk Cilacap Bercahaya’ itu, Gus Miftah menyebutkan ada empat hal yang harus menjadi pegangan agar sebuah wilayah ternaungi keberkahan, yakni pemimpin yang adil dan ilmu para ulama.

“Contohlah Nabi Muhammad SAW sebagai teladan paling lengkap dan sempurna, termasuk sebagai pemimpin yang adil. Di manapun, pemimpin yang adil pasti dapat dukungan para ulama, orang-orang yang berilmu,” ujar Pengasuh Ponpes Ora Aji, Sleman, Yogyakarta itu.

Bupati Cilacap Tatto S Pamuji, pendakwah Gus Miftah, dan jajaran PT Kilang Pertamina Internasional berfoto bersama. (dok PT KPI)

Dua hal penting lainnya, lanjut Gus Miftah, adalah hartanya orang-orang kaya dan doa dari orang miskin.

“Allah SWT menciptakan surga untuk orang-orang yang dermawan dengan harta kekayaannya. Serta yang tidak boleh kita lupakan adalah doa dari saudara-saudara kita, orang-orang miskin,” imbuhnya.

Pembinaan Kerohanian

Pjs GM PT KPI RU IV Cilacap, Ikhwan Rosadi menjelaskan, Tabligh Akbar dan Doa Bersama menjadi kontribusi kilang Cilacap dalam pembinaan kerohanian masyarakat sekitar melalui berbagai bentuk kegiatan keagamaan.

“Selain itu, sebagai upaya pengembangan masyarakat sehingga terjalin silaturahmi yang erat. Semoga kegiatan seperti ini bisa sustain dengan melibatkan masyarakat dan menambah keberkahan bagi operasional perusahaan,” ungkapnya.

Ikhwan menambahkan, hal ini juga menjadi komitmen dan wujud nyata semangat nasionalisme kilang Cilacap sebagai perusahaan energi bangsa berkelas dunia.

“Kilang Cilacap merupakan aset paling strategis dan lengkap, dengan amanah memenuhi kebutuhan BBM Nasional 33 persen dan 60 persen BBM di pulau Jawa,” imbuhnya.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, hadir memanfaatkan momen ini untuk berpamitan kepada masyarakat menyusul segera berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap periode 2017-2022.

“Saya berpamitan setelah 15 tahun bertugas sebagai Wakil Bupati, Plt Bupati, dan 2 periode jadi Bupati Cilacap. Banyak hal yang sudah kami capai bersama membangun Cilacap. Terima kasih masyarakat, terima kasih Gus Miftah dan terima kasih Pertamina,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ada juga penyerahan santunan senilai Rp20 juta dari kilang Cilacap kepada Bupati Tatto, untuk selanjutnya diberikan kepada anak-anak yatim dan duafa di wilayah operasional kilang. Selain para pejabat Forkopimda dan tim manajemen Kilang Ciacap, lebih dari 6.000 jemaah yang mengikuti acara tersebut.

Berita Terpopuler

Berita Terkini