Sabtu, 2 Juli 2022

Hantaman Material Longsor di Wanadri Banjarnegara, Merusak 4 Rumah Warga

Hantaman Material Longsor di Wanadri Banjarnegara, Merusak 4 Rumah Warga. (Maula)

Hujan deras yang terjadi di Banjarnegara, tidak hanya menyebabkan beberapa ruas jalan Kabupaten di wilayah Kecamatan Bawang tertutup longsor. Intensitas hujan yang tinggi juga membuat sejumlah tebing di beberapa titik longsor menerjang rumah warga.


Banjarnegara, serayunews.com

Insiden tersebut terjadi saat wilayah Banjarnegara khususnya wilayah Kecamatan Bawang, diterpa hujan deras beserta angin kencang, Kamis (16/6/2022). Puncaknya sekitar pukul 19.00 WIB, longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Desa Wanadri. Imbasnya sedikitnya empat rumah rusak akibat kena terjang material longsoran.

Baca juga  Tingkatkan Skill, Relawan PMI Batur Banjarnegara Gelar Penyegaran Pertolongan dan Mitigasi Bencana

Kalakhar BPBD Banjarnegara, Aris Sudaryanto melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Andri Sulistyo mengatakan, longsor terjadi di tiga titik. Pertama di Dusun Siranti RT 2 RW 11 Desa Wanadri. Kedua, Dusun Silangit RT 2 RW 10 Desa Wanadri Kecamatan Bawang. Ketiga, Desa Purwareja, Kecamatan Purwareja Klampok.

Menurutnya, di Dusun Siranti longsor menimpa rumah milik Ahmad Susanto (35) dan menyebabkan bagian belakang rumah mengalami kerusakan. Longsor juga menimpa bagian belakang rumah milik Rusmadi (50) dan mengancam rumah milik Misroij (75) yang tembok bagian belakangnya tertimpa longsoran.

Baca juga  Hujan Badai Terjang Desa Muntang Kemangkon, Rumah Warga Porak-poranda

“Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. Saat ini tim masih melakukan pembersihan dan juga sudah memberikan bantuan permakanan, serta beberapa kebutuhan lain untuk keluarga korban,” ujarnya.

Beberapa logistik yang sudah dikirim pada korban longsor ini meliputi kebutuhan permakanan. Kebutuhan permakanan seperti mi instan, minyak goreng, gula. Sementara bantuan non permakanan juga telah diberikan seperti triplek dan terpal.

“Mengingat cuaca masih ekstrem, kami meminta masayarakat untuk tetap waspada dan selalu berjaga, khususnya saat hujan lebat beserta angin kencang terjadi dalam waktu yang lama,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini