Minggu, 19 September 2021

Hari Ini Ganjar dan Tiwi Lepas Penerbangan Komersial Perdana di Bandara Soedirman Purbalingga

Pesawat ATR-700 milik Maskapai Citilink mulai Kamis (3/6/2021) melayani penerbangan komersial dengan tujuan Surabaya dan Jakarta melalui Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga. (Joko Santoso)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Kamis (3/6/2021) pagi melepas penerbangan perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS). Acara tersebut menandai dimulainya penerbangan komersial di bandara yang berada di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Jenderal Besar Soedirman yang ada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

“Alhamdulillah pak Gubernur berkenan hadir dan melepas langsung penerbangan perdana di Bandara Soedirman. Ini menandai dimulainya penerbangan komersial dari bandara Soedirman yang pembangunannya dirintis 15 tahun lalu, termasuk oleh pak Gubernur,” kata Bupati Tiwi.

Kehadiran Gubernur Ganjar Pranowo disambut langsung oleh Direktur PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaludin. Ganjar juga berkesempatan berbincang dengan penumpang yang akan terbang melalui Bandara Soedirman.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami, karena penerbangan perdana dihadiri langsung oleh Gubernur,” ujar Bupati Tiwi.

Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan, keberadaan Bandara Soedirman merupakan mimpi panjang yang telah terwujud. Pasalnya pembangunannya dirintis sejak lama. Termasuk saat dirinya menjadi anggota DPR RI dan Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko serta bupati periode selanjutnya.

“Sehingga alhamdulillah ini berjalan dan kami ngawal terus menerus kami dilapori terus menerus sama mereka perkembangannya, tahap demi tahap dan alhamdulillah sudah bisa dilaksanakan meskipun masih sederhana,” ujar Ganjar.

Tentunya dengan keberadaan Bandara Soedirman ini, Ganjar berharap akan membantu pengembangan kawasan Jateng di wilayah selatan barat.

“Nah mudah-mudahan nanti akan bisa membantu mengembangkan kawasan Jateng wilayah selatan barat dan ini bagian dari kerjasama antar kabupaten kota yang ada di sana,” tandasnya.

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Purbalingga, Prayitno menyampaikan berdasarkan data dari PT Angkasa Pura (AP) II dan Citilink, animo penumpang untuk menggunakan pesawat melalui Bandara Soedirman mulai muncul.

“Okupansi penumpang yang akan terbang perdana melalui Bandara Soedirman, Kamis (3/6/2021) sekitar 60-70 dari kapasitas tempat duduk yang disediakan,” jelasnya.

Station Manager Citilink di Bandara Soedirman, Muhamad Mulyanudin dalam kesempatan yang sama menyampaikan persiapan menjelang penerbangan komersial perdana sudah sesuai dengan schedule yang diajukan ke PT Angkasa Pura (AP) II dan Lanud.
Dia menambahkan jika memang animo penumpang tinggi, tidak menutup kemungkinan frekuensi jadwal penerbangan akan ditambah.

Citilink melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya seminggu dua kali. Masing-masing pada hari Kamis dan Sabtu.

“Rute Surabaya-Purbalingga pukul 09.30-11.05, Purbalingga-Jakarta pukul 11.50-13.10, Jakarta-Purbalingga pukul 13.40-14.50 dan Purbalingga-Surabaya pukul 15.15-16.50,” imbuhnya.

Baca juga Tabungan Rp 6 Miliar Tak Bisa Dicairkan, Ratusan Pedagang Ancam Laporkan Koperasi Pasar Palem Gading Cilacap

Berita Terkait

Berita Terkini