Rabu, 5 Oktober 2022

Heboh Air Kali Sapi Berubah Warna, Ini Penjelasan DPKPLH Banjarnegara

Sungai Kali Sapi. (Maula Asadillah)
Warna air Kali Sapi yang ada di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara berubah jadi putih seperti susu, viral di media sosial. Dalam unggahan itu, perubahan warna air tersebut karena terkontaminasi pertambangan pasir putih yang ada di atasnya

Banjarnegara, Serayunews.com

Beberapa warga sekitar sungai membenarkan perubahan warga air Kali Sapi ini. Warna air berubah saat pagi hari, padahal warga biasa memanfaatkan sungai ini untuk mandi dan mencuci, karena air sungai tersebut dulunya jernih.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Banjarnegara, Singgih Haryono juga membenarkan fenomena itu. Menurutnya, adanya perubahan warna sungai ini karena adanya tambang di hulu sungai.

“Kita sudah mendapatkan laporan dari warga, dan kami juga sudah memfasilitasi pertemuan warga dengan penambang. Namun kita tidak bisa berbuat atau melakukan tindakan, sebab masalah tambang menjadi kewenangan dari provinsi,” ujarnya.

Menurutnya, adanya kejadian ini juga sudah disampaikan pada pemerintah provinsi, termasuk mendampingi pemerintah provinsi untuk meninjau langsung.

“Kami hanya mendampingi, karena semua kewenangan terkait tambang ada di pemerintah provinsi,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini