Sabtu, 31 Juli 2021

Ini 10 Topskor Liga Inggris Sepanjang Masa, Hanya Dua yang Non-Inggris

Ilustrasi, gambar oleh Kelvin Stuttard dari pixabay

Liga Primer Inggris telah ditahbiskan sebagai kasta tertinggi sepak bola di Inggris pada musim 1992-1993. Sejak musim itu pula para pencetak gol terbanyak bermunculkan. Dari musim 1992-1993 sampai saat ini telah muncul 10 nama dengan koleksi gol terbanyak sepanjang masa.


London, Serayunews.com

Sebanyak 10 penggedor kelas wahid di Liga Inggris itu bervariasi. Ada yang sudah pensiun dan ada yang masih aktif bermain. Bagi yang sudah pensiun tentu saja tak bisa menambah perbendaharaan golnya. Sementara, bagi yang aktif masih ada kesempatan untuk menambah perbendaharaan golnya.

Berikut 10 pencetak gol terbanyak Liga Inggris sepanjang masa seperti dikutip dari situs Liga Primer Inggris.

Alan Shearer (260 gol)
Alan Shearer menorehkan 260 gol saat bermain di Blackburn Rovers pada 1992 sampai 1996 dan Newcastle United dari 1996 sampai 2006. Perinciannya, saat di Blackburn Shearer membuat 112 gol dan saat bersama Newcastle membuat 148 gol.

Sebenarnya dia juga pernah mencetak gol semasa membela Southampton pada 1988-1992. Namun, kala itu Liga Primer Inggris masih bernama Divisi Satu. Sehingga, koleksi Shearer bersama Southampton tak dihitung. Shearer sudah pensiun dari lapangan hijau pada 2006.

Wayne Rooney (208 gol)
Rooney menorehkan 206 gol bersama Everton dan Manchester United. Dia membuat 25 gol bagi Everton dan membuat 183 gol bersama Manchester United. Kini, Rooney masih aktif bermain di Derby County. Namun, karena Derby tak bermain di Liga Primer Inggris, koleksinya bersama Derby tak dihitung.

Andy Cole (187 gol)
Andy Cole adalah striker haus gol di masa lalu. Dia adalah andalan Newcastle United dan Manchester United. Pernah juga bermain untuk Fulham, Manchester City, Sunderland. Pemain kelahiran 1971 ini sudah pensiun dari lapangan hijau pada 2008 lalu.

Sergio Aguero (180 gol)
Aguero adalah pemain asing tersubur sepanjang masa di Liga Inggris. Berbeda dengan tiga nama di atasnya yang asli Inggris, Aguero adalah pemain Argentina. Bahkan, dia masih mungkin untuk melewati torehan Andy Cole mengingat saat ini dia masih aktif bermain. Di Liga Inggris, Aguero hanya bermain di Manchester City.

Frank Lampard (177 gol)
Jika menilik dari posisi bermain, maka Lampard adalah gelandang tersubur sepanjang masa di Liga Inggris. Sebab, dia bukanlah striker. Berbeda dengan empat pemain di atasnya yang semuanya adalah striker. Saat aktif bermain, Lampard adalah gelandang andalan Chelsea. Kini, Lampard adalah pelatih Chelsea.

Thierry Henry (175 gol)
Henry adalah orang non-Inggris selain Aguero yang masuk 10 besar topskor sepanjang masa Liga Inggris. Henry hanya bermain untuk Arsenal di Liga Inggris. Henry adalah penyerang asal Prancis yang juga pernah merasakan gelar juara Liga Champions bersama Barcelona pada 2009. Henry sudah pensiun sebagai pemain.

Robbie Fowler (163 gol)
Fowler pertama kali moncer bersama Liverpool di tahun 90-an. Namun, namanya tak lama beredar karena saat itu Liverpool memiliki jagoan baru bernama Michael Owen. Dia mencetak 163 gol bersama beberapa klub di antaranya Liverpool, Leeds United, Manchester City. Kini Fowler sudah pensiun.

Jermain Defoe (162)
Defoe adalah striker malang melintang dengan beberapa klub di Liga Inggris seperti Hotspur, West Ham, Portsmouth. Dulu dia juga jadi andalan di lini depan Timnas Inggris. Kini, Defoe sudah pensiun dari lapangan hijau.

Michael Owen (150)
Owen striker andalan Liverpool di akhir dekade 90-an sampai awal dekade 2000-an. Sayangnya, setelah pergi ke Real Madrid dan kembali ke Liga Inggris, ketajaman Owen menurun drastis. Kini dia sudah pensiun dari dunia sepak bola.

Les Ferdinand (149)
Ferdinand adalah andalan Newcastle United dan Tottenham Hotspur di masa jayanya. Dia juga beberapa kali masuk Timnas Inggris. Namanya melejit di dekade 90-an dan kini sudah pensiun dari lapangan hijau. Namun, sepertinya nama Ferdinand akan tersingkir dari 10 besar pencetak gol terbanyak Liga Inggris sepanjang masa. Sebab, pemain yang kini ada di nomor 11 adalah Harry Kane (Hotspur) yang sudah membuat 148 gol. Kane hanya butuh dua gol untuk mendepak Ferdinand dari 10 besar. (Kholil)

Berita Terkait

Berita Terkini