Selasa, 24 Mei 2022

Jalan Penghubung Tanalum-Makam Kecamatan Rembang Sepanjang 1.770 Meter, Jadi Program Prioritas TMMD Sengkuyung Kodim 0702 Purbalingga

Jalan Penghubung Tanalum-Makam Kecamatan Rembang Sepanjang 1.770 Meter, Jadi Program Prioritas TMMD Sengkuyung Kodim 0702 Purbalingga. (Amin)

Jalan sepanjang 1.770 meter, akan dibangun sebagai penghubung Desa Tanalum ke Desa Makam, Kecamatan Rembang, Purbalingga. Pembangunan tersebut telah dianggarkan dana senilai Rp 697 juta. Pengerjaan ditarget akan rampung pada 9 Juni 2022 mendatang.


Purbalingga, serayunews.com

Pembangunan jalan tersebut, akan dilaksanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022.

Komandan Kodim 0702/Purbalingga melalui Perwira Seksi Teritorial, Kapten Arm Wahyudi Seno H AMd mengungkapkan, kegiatan fisik yang akan dilakukan yaitu berupa jalan makadam.

Baca juga  Catat! Borobudur Maraton Dihelat Akhir Tahun Ini

“Volumenya panjang 1,770 meter dan lebar 5 meter,” katanya, saat pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II, di Pendopo Dipokusumo, Rabu (11/5/2022).

Di dalam pembangunan jalan tersebut, juga terdapat pembangunan gorong-gorong sebanyak 3 titik, pembangunan plat beton 2 titik, 1 talud dan 1 jembatan sepanjang 7 meter lebar 2,5 meter dan tinggi 1,5 meter. Kegiatan pembangunan ini dimulai 11 Mei sampai 9 Juni 2022 nanti.

“Pembangunan dilaksanakan secara gotong-royong, kerjasama secara terpadu dan lintas sektoral,” katanya.

Selain kegiatan fisik, pada TMMD ini juga dilaksanakan kegiatan non fisik berupa berbagai jenis penyuluhan kepada masyarakat. Di antaranya penyuluhan bidang mental ideologi, bela negara, kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan bidang kamtibmas, kesejahteraan masyarakat dan sebagainya.

Baca juga  Hari Pertama Kerja Setelah Libur Lebaran, Plh Bupati Minta ASN Banjarnegara Tingkatkan Kinerja

“Sumber dana kegiatan ini berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 256 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga sebesar Rp 441 juta, sehingga total Rp 697 juta,” kata dia.

Sekretaris Desa Tanalum, Taat Prianto mengungkapkan, lokasi pembukan jalan ini dimulai dari Dusun 3 RT 05 RW 03 tembus ke Desa Makam. Kondisi saat ini masih berupa jalan tanah yang baru dibuka.

“Jalan ini merupakan akses ekonomi masyarakat, disamping itu juga jalur wisata karena di sana ada objek wisata Curug Kali Karang. Sehingga ini nantinya bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya.

Baca juga  Pengunggah Video Bocil Pamer Alat Kelamin di GOR Goentoer Darjono Purbalingga, Sampaikan Permintaan Maaf

Tidak hanya Tanalum – Makam, akses jalan baru ini juga menurutnya bisa tembus ke Desa Sumampir. Melalui TMMD ini harapannya ada perkuatan jalan dan mempermudah akses masyarakat.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyambut baik kegiatan TMMD ini. “Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 0702 yang selama ini bersinergi membantu pemerintah dalam TMMD sengkuyung,” katanya.

Bupati berharap, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. Ia mengimbau kepada masyarakat Tanalum untuk bisa bersinergi dan membantu melancarkan kegiatan TMMD ini.

Berita Terkait

Berita Terkini