Kabar Baik, Pemkab Cilacap akan Kembali Kelola Pantai Teluk Penyu
CilacapPariwisata

Kabar Baik, Pemkab Cilacap akan Kembali Kelola Pantai Teluk Penyu

Bagikan:
Suasana Pantai Teluk Penyu Cilacap, merupakan kawasan pantai di pinggiran Kota Cilacap, Selasa (16/5/2023). (Ulul Azmi).

SERAYUNEWS-Setelah sekitar tiga tahun tidak mengelola kawasan Pantai Teluk Penyu, rencananya Pemerintah Kabupaten Cilacap akan kembali mengelolanya. Bahkan pendapatan asli daerah (PAD) Cilacap akan digenjot lewat sektor pariwisata ini.

Tentunya kabar baik itu dinilai menggembirakan semua pihak. Sebab pembangunan sarana infrastruktur nantinya bisa dibiayai dari anggaran daerah setelah sejumlah peraturan dearah (perda) ditetapkan. Bahkan salah satunya saat ini sedang digodok di DPRD terkait Perda Kemudahan Investasi.

“Ada berita menarik dan menggembirakan karena Teluk Penyu, Panglima (Kodam IV Diponegoro) sudah menyetujui untuk bisa diserahkan ke Kabupaten Cilacap. Tapi ini butuh proses,” ujar Pj Bupati Yunita Dyah Suminar, Selasa (16/5/2023).

Yunita menjelaskan, untuk mekanisme pengelolaannya bukan bagi hasil, melainkan hibah barang milik negara (BMN) menjadi barang milik daerah (BMD).

“Mekanismenya BMN diberikan ke BMD dan BMD kita sebagian diberikan ke BMN. Yang penting sudah ada izin prinsip yang diberikan. Saya dengan Pak Taufik dan Forkopimda, dalam waktu yang pendek kita bisa meyakinkan Panglima,” ujarnya.

Yunita menambahkan, peningkatan PAD sektor pariwisata terus digenjot dengan melihat potensi yang ada. Salah satu pengelolaan kawasan pantai sebagai tempat hiburan dan pariwisata yang murah. Bahkan PAD Cilacap dapat digenjot lewat sektor pariwisata ini dengan target meningkat hingga Rp1 Triliun.

“Karena memang secara filosofi itu memang bisa diberikan Kabupaten Cilacap. Tentu ini satu potensi untuk bisa meningkatkan PAD lagi. Kalau PAD bagus dan bisa diambil pasti kembali untuk kesejahteraan rakyat,” imbuhnya.

Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menyebut, bahwa Pantai Teluk Penyu sebagai icon Cilacap perlu dikelola dengan baik melalui rencana detail tata ruang (RDTR), karena terdapat potensi besar dalam menyumbang pendapatan asli daerah.

“Kalau perda pemberian intensif dan kemudahan invetasi selesai, nanti RDTR Bupati menawarkannya jelas. Nanti investor akan mencari iklim karena dipermudah, insyaallah dengan ditambah BMN menjadi BMD dari pantai PLTU sampai Teluk Penyu akan menjadi icon Cilacap,” ujarnya.