Komunitas Juang, Awal Kecintaan Cahyoto pada PDI Perjuangan

Komunitas Juang, Awal Kecintaan Cahyoto pada PDI Perjuangan

Bagikan:
Cahyoto PDI Perjuangan
Cahyoto, caleg Dapil 6 PDI Perjuangan Banyumas. (Foto : Dok.PDIP)

SERAYUNEWS – Terlahir sebagai anak desa yang termasuk pelosok di Kabupaten Banyumas, Cahyoto kini sudah berkeliling Jawa Tengah. Dia,  berkesempatan menghadiri kegiatan skala nasional dari partai tempatnya bergabung. Semua itu, berawal dari bergabungnya ia dalam Komunitas Juang (KJ).

“Saya ikut pengkaderan Komunitas Juang dan menjadi angkatan pertama yang dilantik pada tahun 2014 lalu. Awalnya penasaran, setelah bergabung ternyata menjadi sangat tertarik, terlebih setelah mengenal PDI Perjuangan secara mendalam, kecintaan saya terhadap partai yang menjunjung tinggi ideologi ini semakin besar,” tutur lelaki kelahiran 3 Maret 1982 ini.

Cahyoto mengikuti pembinaan KJ mulai dari tingkat kecamatan, hingga kabupaten. Selama proses tersebut banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru yang diperolehnya. Ia mengaku mulai memahami kondisi Indonesia secara luas, pentingnya ideologi kebangsaan, wawasan kebangsaan, dan lain-lain.

“Pembinaan di KJ ini luar biasa. Selain wawasan kebangsaan, kita juga mengikuti psikogame, yaitu permainan yang di dalamnya ada materi tes, untuk mengetahui karakter peserta. Jadi pengkaderan KJ ini tidak main-main dan berhasil membentuk kader-kader yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap partai serta memupuk kecintaan kita terhadap NKRI,” ucapnya, Selasa (25/7/2023).

Pada saat bersamaan Cahyoto juga mulai masuk struktural PAC Purwojati dan sejak 2019 lalu, ia masuk struktural DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas sebagai wakil sekretaris internal.

Pengalaman Berharga

Banyak pengalaman berharga yang dia peroleh sejak Cahyoto bergabung di KJ. Ia tugaskan menjadi asisten mentor pengkaderan KJ se Jateng. Sehingga beberapa kali ia bertugas ke Solo, Semarang, Pati, dan lainnya. Tak hanya itu, ia pun berkesempatan mengikuti acara skala nasional partai seperti rakernas dan kongres. Bertemu dengan jajaran eksekutif dan legislatif juga menjadi pengalaman yang baru bisa ia rasakan setelah bergabung dengan PDI Perjuangan.

Cahyoto
Cahyoto saat membagikan bantuan sembako dari Puan Maharani kepada masyarakat Desa Karangtalun Kidul. ( Foto : Dok.PDIP)

Saat ini, Cahyoto mengemban tugas dari partai sebagai komandan te bintang 2 dapil 6. Ia masuk dalam 33 caleg yang ditargetkan melenggang ke kursi DPRD Banyumas. Ada 161 TPS yang harus ia kawal untuk memenangkan PDI Perjuangan.

“Sesuai perintah partai, tugas saya menata barisan mulai dari struktur PAC hingga anak ranting, kemudian merekrut komandan te bintang 1 yang nantinya akan mengawal TPS. Perintah dari partai sangat jelas, yaitu memenangkan suara partai, bukan suara individu caleg dan saya pegang teguh perintah tersebut,” tegasnya.

Jika terpilih dan masuk ke DPRD Banyumas, anak desa ini mempunyai cita-cita untuk memajukan pariwisata desa di Kecamatan Purwojati, serta mengenalkan Purwojati dengan segala potensi yang dimilikinya supaya lebih luas dikenal.


© 2016 Serayu News