Rabu, 5 Oktober 2022

Kontingen Kwarcab Pramuka Purbalingga Siap Ikuti Jamnas, Ini Pesan Tiwi

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) bersama Wabup Sudono dan Ketua DPRD HR Bambang Irawan berfoto bersama kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga yang akan mengikuti Jamnas Pramuka XI di Cibubur, 14-21 Agustus 2022. (Joko Santoso)

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) melepas Kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI Kwarcab Purbalingga, Pendopo Dipokusumo, Senin (8/8/2022). Kontingen dari Purbalingga terdiri atas dua regu putra dan putri Penggalang masing-masing delapan orang. Ada juga satu orang Waka Bina Muda dan delapan orang Bina Damping.


Purbalingga, serayunews.com

Jamnas XI ini akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta. Bupati yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) berpesan agar peserta Jamnas XI ini bisa memanfaatkan dengan baik. Sebab, para instruktur akan banyak membagikan tambahan ilmu.

“Adik-adik Pramuka ini adalah orang-orang pilihan. Mungkin kesempatan ini tidak akan dimiliki oleh teman-teman yang lain. Jadi ini sangat berharga, maka jangan sia-siakan. Kalau menjalani dengan baik maka akan membawa manfaat luar biasa dan menjadi pengalaman tak terlupakan,” katanya.

Pelepasan

Kamabicab juga berharap ajang Jamnas XI juga bisa untuk menambah teman. Karena akan banyak perwakilan/kontingan dari kabupaten/kota secara nasional dalam kegiatan ini. Ia juga berpesan agar delegasi dari Purbalingga bisa membawa nama baik, bisa membawa citra positif Kabupaten Purbalingga dan mampu menampilkan performance terbaik

“Saya harap dengan binaan dan didikan yang baik dari Gerakan Pramuka di Purbalingga ke depan mampu melahirkan tunas tunas muda yang berkualitas, berkarakter, berjiwa Pancasila dan berbudi pekerti luhur dan berkontribusi terhadap kemajuan daerah dan nasional,” ungkapnya.

Hadir dalam pelepasan itu adalah Wabup Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan, dan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga.

Sebelumnya, Ketua Kwarcab, Tri Gunawan Setyadi mengungkapkan sebelum mengikuti Jamnas XI, kontingen telah menjalani latihan. Saat Jamnas nantinya juga akan mengikuti berbagai kegiatan. Kegiatan itu di antaranya giat persaudaraan, giat wawasan, giat keterampilan, giat wisata, giat kebangsaan, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

“Kontingen dari Purbalingga akan berangkat lebih awal yaitu tanggal 9 Agustus. Hal ini mengingat Purbalingga mandhegani atraksi seni dan budaya dan keterampilan kepramukaan pada saat upacara pembukaan Jamnas XI. Presiden RI Jokowi akan menyaksikan atraksi seni dan budaya itu,” katanya.

Pada Jamnas XI ini, Kwarcab Purbalingga akan berkolaborasi dengan 17 Kwarcab lain dari Jawa Tengah akan menampilkan beberapa atraksi. Di antaranya Tari Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia, Atraksi Semaphore, Kolone Tongkat, Pionering, Menara Kaki 3 dan kaki 4, Kapal, Jembatan, Keterampilan Mendirikan Tenda, Atraksi Gerakan Pandu Umbul-umbul yang bercorak batik dari seluruh wilayah Indonesia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini