Senin, 23 Mei 2022

Mal Pelayanan Publik Dibangun di Kompleks Terminal Cilacap, Pemkab dan Kemenhub Bikin Perjanjian 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Marta Hardisarwono tandatangani perjanjian pinjam pakai Terminal Cilacap (Ulul Azmi)

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan penandatanganan perjanjian pinjam pakai barang milik negara berupa Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa. Terminal tersebut bakal dipergunakan sebagai Mal Pelayanan Publik (MPP) di Cilacap.


Cilacap, serayunews.com

Penandatanganan perjanjian pinjam pakai dilakukan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat, Marta Hardisarwono, S.E.,M.Si. di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Senin (4/4/2022).

Acara tersebut juga dihadiri jajaran Pegawai Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Dinas Perhubungan Cilacap, Dinas Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan OPD ataupun instasi terkait yang turut hadir secara langsung.

“Dengan adanya Mal Pelayanan Publik kita harapkan akan terbentuk pergeseran perekonomian, terbentuk ekosistem perekonomian baru, kita harapkan pendapatan Kabupaten Cilacap akan naik,” ujar Marta Hardisarwono,S.E.,M.Si., usai acara.

Baca juga  Hati-hati, Travel Gelap Tawarkan Harga Murah Jadi Modus Perampokan di Banyumas

Menurutnya, dengan adanya Mal Pelayanan Publik Ini seluruh aktivitas pelayanan daerah ada, seperti KTP, SIM, Surat Tanah, Akta Lahir dan berbagai pelayanan lainnya. Sehingga dengan pelayanan terpadu tersebut, akan berdampak pada penumbuhan ekonomi di sekitar terminal.

“Otomatis di sekitar terminal kita harapkan terbentuk area sporting perekonomian, ke depan terminal ini menjadi tempat showroom ada outlet, ada lapak, monggo pak Bupati tinggal usulkan apa ada pusat kuliner Cilacap. Jadi nanti bus-bus yang datang atau berangkat bisa beli dan bawa pulang oleh-oleh di terminal,” ujarnya.

Marta mengatakan, dengan adanya Mal Pelayanan Publik, pelayanan di terminal sebagai tempat kedatangan dan keberangkatan penumpang akan ditingkatkan dengan service exelent.

Baca juga  Setelah Dua Tahun Pandemi, Salat Id Kembali Digelar di Alun-Alun Purbalingga

“Nanti di terminal Cilacap akan dibentuk service exelent, dengan memberikan pelayanan yang bagus, yang penting wc wangi bersih, kemudian tempat koridor terminal tidak ada yang kotor, nanti ada jika ada kuliner, dengan service exelent akan kita bimbing tidak ada lagi yang kumuh,” ujarnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub yang telah merestui penggunaan gedung Terminal Tipe A Bangga Mbangun Desa sebagai Mal Pelayanan Publik, dengan menempati gedung lantai 2 terminal.

“Meski prosesnya lama dan sudah ditanyakan oleh Menteri PANRB, alhamdulillah sudah ditandatangani, dalam waktu dekat akan ditata dan dioperasikan,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, dengan adanya MPP pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik, serta sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian dengan mempromosikam produk lokal Cilacap.

Baca juga  Respons Cepat Kebakaran Kapal Nelayan, Pertamina Cilacap Turunkan Tim Damkar

“Yang jelas dengan MPP juga untuk menata ekonomi, karena kuliner dan produk lokal banyak di Cilacap, saya mau bagaimana cinta produk Cilacap, nanti produknya juga di promosikan lewat MPP. Selain MPP, kita juga dituntut dengan pelayanan yang baik, kebetulan Sekda kita juga dari perizinan,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Mal Pelayanan Publik adalah tempat belangsungnya kegiatan atau aktivitas, penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan BUMN/BUMD dan swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

MPP Cilacap ini akan menjadi pusat pelayanan publik dari 27 instansi, baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti pelayanan dari berbagai dinas, serta terpadu dengan pelayanan BUMN, BUMD hingga lembaga vertikal.

Berita Terkait

Berita Terkini