Rabu, 1 Desember 2021

Melawan Stunting di Cilacap, Pemkab Adakan Lomba Masak Ikan

Lomba Masak Ikan Pemkab Cilacap. (Irfan)

Pemkab Cilacap melalui Dinas Perikanan melakukan kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), salah satunya dengan menggelar lomba memasak olahan ikan yang digelar di Fave Hotel pada Rabu (24/11/2021). Lomba ini juga merupakan kampanye melawan stunting.


Cilacap, serayunews.com

Dalam lomba tersebut diikuti sebanyak 24 kelompok perwakilan setiap kecamatan, sedangkan yang berhasil keluar sebagai juara 1 yakni perwakilan Kecamatan Cilacap Tengah, kemudian disusul Kecamatan Maos sebagai juara 2 dan Karangpucung sebagai juara ke 3.

Kepala Dinas Perikanan Cilacap Ditiasa Pradipta menyampaikan, bahwa lomba masak ikan ini bertujuan untuk mengurangi angka stunting di Kabupaten Cilacap. Mengingat angka stunting di Cilacap masih tinggi, sehingga diharapkan adanya dengan lomba ini, masyarakat terutama anak-anak mau mengonsumsi ikan. Diketahui, stunting adalah tinggi anak yang lebih pendek dari anak pada umumnya. Mengonsumsi ikan diketahui bisa mencegah stunting.

“Karena ikan ini bagus untuk mencerdaskan otak anak, memiliki protein tinggi juga, yang jelas sangat baik jika dikonsumsi anak,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (24/11/2021).

Terlebih, lanjutnya, Cilacap memiliki potensi perikanan yang cukup luas namun belum dimanfaatkan secara optimal. Situasi itu diperparah dengan masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya mengonsumsi ikan.

Sehingga hal tersebut menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah. Dengan begitu ia berharap jika setiap menu yang dilombakan kali ini dapat disebarluaskan ke masyarakat, agar semakin banyak lagi varian makanan dari ikan yang bisa dikonsumsi.

“Kami bekerjasama dengan PKK juga, agar penyampaian informasinya lebih masif. Sehingga bisa langsung diimplementasikan oleh para ibu di rumah,” tuturnya. (Irfan)

Berita Terkait

Berita Terkini