Rabu, 5 Oktober 2022

Musim Hajatan di Banjarnegara, Indagkop Terus Pantau Perkembangan Kenaikan Harga

Pedagang Pasar Segamas Purbalingga menggelar dagangan. Sejumlah komoditas harganya mulai naik menjelang bulan Ramadan. (Joko Santoso/Serayunews)

Dinas Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM Banjarnegara l, terus melakukan pemantauan harga seiring dengan melambungnya beberapa komoditas pangan yang ada di Banjarnegara. Hal ini biasa terjadi saat menjelang dan setelah hari besar.


Banjarnegara, Serayunews.com

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kenaikan harga terjadi pada ayam ras, cabai, maupun jenis lainnya. Hal ini sudah biasa terjadi setelah Idul Adha, pasalnya perimintaan meningkat karena banyaknya masyarakat yang menggelar hajatan.

Untuk harga ayam ras di Banjarnegara saat ini berkisar pada Rp 36 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram. Sedangkan telur, menembus angka Rp 28 ibu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Sementara cabai merah mencapai Rp 45 ribu per kilogram, sementara cabai merah kriting menembus Rp 85 ribu per kilogram. Kenaikan harga yang cukup signifikan, terjadi pada cabai rawit merah yang sebelumnya Rp 85 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 92 ribu per kilogram.

“Beberapa bahan kebutuhan pokok memang mulai naik, khususnya bumbu dapur. Kalau cabai rawit hijau masih di angka kisaran Rp 70 ribu per kilogram,” kata Marsiah, pedagang sayur pasar Banjarnegara.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Indagkop UMKM Banjarnegara, Suroso mengatakan, peningkatan permintaan masyarakat memang terjadi belakangan ini, kenaikan harga saat ini lebih pada hukum pasar.

“Masih normal, sebab hasil pantauan kami, stok maupun ketersediaan kebutuhan pokok masih aman. Kenaikan ini masih dalam batas wajar karena tingginya permintaan masyarakat, seiring dengan banyaknya gelaran hajatan usai Idul Adha yang jelas kami terus melakukan pantauan agar stok kebutuhan masyarakat tetap aman,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini