Sabtu, 29 Januari 2022

Pegiat Seni Desa Kartun Sidareja Gelar Bazaar Art di Klenteng Ho Tek Bio 

Pementasan wayang dari dalang Jemblung Kusno Umah Wayang menyemarakkan Bazaar Art yang digelar Kie Art Cartoon School Desa Kartun Sidareja, di Klenteng Ho Tek Bio Purbalingga, Jumat (14/01/2022). (Joko Santoso)

Pegiat Seni Desa Kartun Sidareja Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga menggelar Bazaar Art. Perhelatan tersebut dilaksanakan di kompleks Klenteng Ho Tek Bio Purbalingga mulai Jumat (14/1/2022) hingga Minggu (16/1/2022).


Purbalingga, Serayunews.com

“Event ini kami laksanakan bersamaan dengan Bulan Perdamaian Dunia yang juga jatuh di bulan Januari. Di sini hasil karya seni dan pertunjukan dari para pemuda Seni Kie Art Cartoon School dari Desa Kartun Sidareja ditampilkan,” kata pegiat Kie Art Cartoon School Slamet Santosa, di sela sela acara.

Baca juga  Sidareja Digagas Jadi Desa Tematik Seni dan Budaya di Purbalingga, Ini Alasannya

Dia juga menyampaikan kesenian yang ditampilkan antara lain Ebeg Sidareja, Seni Karawitan , Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang. Selain itu karya seni handmade seperti lukisan , sepatu Lukis, tas Lukis, lampu Lukis , kriya bamboo dan blangkon Soedirman juga dipamerkan di acara yang dilaksanakan pegiat seni Desa Kartun Sidareja tersebut.

“Acara ini semakin unik dengan adanya kolaborasi seniman Ebeg Chune Mayong yang melakukan Live Painting dengan diiringi gamelan jawa,” kata Slamet Santosa didampingi Gita Thomdean.

Ketua Klenteng Ho Tek Bio, dr Mulyadi dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh kegiatan kesenian digelar di klenteng. Menurutnya ini menjadi contoh toleransi dan keterbukaan antar umat beragama.

Baca juga  Ganjar Cek Vaksinasi Anak di Kota Semarang

“Klenteng memang menjadi tempat ibadah umat Tri Dharma. Namun selama ini kami juga banyak melakukan kegiatan di sini bersama organisasi dan lintas komunitas,” terangnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini