Sabtu, 3 Desember 2022

Pendaftaran Panwascam Dua Kecamatan di Cilacap Berpotensi Diperpanjang, Ini Sebabnya

Suasana Kantor Bawaslu Kabupaten Cilacap saat tahapan penelitian berkas pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Kamis (29/9/2022). (Ulul Azmi/Serayunews)

Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di wilayah Cilacap resmi ditutup pada tanggal 27 September 2022 sore pukul 17.00 WIB. Dari pendaftar yang masuk total ada sebanyak 500 pendaftar dari 24 kecamatan. Dari jumlah itu, ada dua Kecamatan yang minim pendaftar dari kalangan perempuan.


Cilacap, serayunews.com

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Cilacap Erina Hastuti mengatakan, dua kecamatan yang minim pendaftar perempuan yakni Kecamatan Nusawungu dan Cimanggu, yang keduanya dengan keterwakilan masih di bawah 30 persen.

“Kita ada instruksi memakai rasio, dari jumlah keseluruhan pendaftar di setiap kecamatan, hasil tersebut ada dua kecamatan keterwaikilan perempuan di bawah 30 persen. Di Kecamatan Nusawungu baru 17 persen dan Kecamatan Cimanggu 16 persen,” ujarnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Cilacap, Kamis (29/9/2022).

Erina menjelaskan, dari jumlah 500 pendaftar diperinci ada sebanyak 318 orang laki-laki dan 182 perempuan. Sedangkan untuk dua kecamatan yang minim pendaftar perempuan yakni Cimanggu dari 19 pendaftar, laki-laki 16 dan perempuan 3 orang. Kemudian Nusawungu ada sebanyak 18 pendaftar, 15 laki-laki dan 3 perempuan.

“Kita di angka 36,4 persen (keterwakilan perempuan) secara keseluruhan sudah terpenuhi, namun secara rasio setiap kecamatan belum, yaitu Cimangggu dan Nusawungu, sehingga ada potensi perpanjangan,” ujarnya.

Meski demikian, sesuai dengan tahapannya, proses pepanjangan rencananya baru akan diumumkan pada tanggal 1 Oktober 2022. Untuk tahapan sekarang masih dalam penelitian kelengkapan berkas pendaftaran yang dibagi dalam 5 Pokja (kelompok kerja).

“Sekarang sedang penelitian kelengkapan berkas dibagi dalam 5 pokja. Kemarian dari 500 pendaftar, ada yang lewat email 184, post 26 yang datang langsung 290 orang,” tutupnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini