Senin, 18 Oktober 2021

Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Jasa

(Dok. istimewa)

Seiring dengan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan penggunaan internet yang semakin tinggi, aktivitas pemasaran melalui internet tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis. Teknologi internet saat ini merupakan hal yang penting untuk digunakan dalam kehidupan masyarakat. Melalui internet, orang-orang di belahan dunia manapun dapat terhubung secara realtime. Salah satu pemanfaatan dari media internet dalam kegiatan pemasaran adalah Pemasaran Digital (Digital Marketing).

Digital Marketing merupakan bentuk pemasaran atau promosi suatu produk atau jasa dengan menggunakan media digital dan internet sebagai alat untuk promosinya. Dengan menggunakan strategi Digital Marketing, suatu perusahaan dapat memperoleh konsumen lebih banyak dan lebih luas lagi karena dapat menjangkau sasaran secara luas dengan biaya yang lebih murah.

Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Jasa

Sebuah perusahaan jasa tentu saja dapat menggunakan strategi digital marketing untuk mempromosikan jasanya. Dengan menggunakan media digital dan internet akan memudahkan calon pelanggan untuk mengakses layanan dari jarak jauh dan mempermudah dalam mengetahui layanan jasa apa saja yang ditawarkan.
Strategi digital marketing yang dapat dilakukan dalam pemasaran jasa diantaranya adalah :

1. Menentukan sasaran layanan Dalam pemasaran digital, menentukan target atau sasaran sangatlah penting untuk dilakukan oleh pelaku bisnis jasa. Seorang pelaku bisnis dapat menentukan segmentasi pasar seperti mengklasifikasikan konsumen ke beberapa kategori yang sesuai dengan target jasa yang ditawarkan.

2. Memilih strategi promosi yang tepat
Dalam sebua pemasaran digital terdapat berbagai macam strategi promosi yang dapat dilakukan, seperti promosi melalui pengiklanan secara online, Search Engine Marketing (SEM), Search Engine Optimation (SEO), Email, dan Media Sosial.

a. Online Advertising (Pengiklanan Online)

Online Advertising merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang ada di ranah digital yang dibuat semenarik mungkin untuk menyampaikan pesan pemasaran pada konsumen.

b. Search Engine Marketing

SEM merupakan strategi pemasaran untuk mengoptimasi website agar muncul di mesin pencarian dengan menggunakan iklan. SEM ini merupakan strategi pemasaran yang memerlukan biaya.

c. Search Engine Optimation

SEO memiliki tujuan yang sama seperti SEM yaitu untuk meningkatkan visitabilitas website di mesin pencarian. Namun ada sedikit perbedaan dari SEM, SEO tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun namun cenderung memakan waktu yang lama.

d. Email

Seorang pelanggan dapat mendapatkan informasi mengenai layanan yang ditawarkan pelanggan melalui sebua email. Kegiatan tersebut bisa disebut dengan Newsletter Marketing untuk melakukan kegiatan pemasaran ini dapat dilakukan dengan muda, yaitu dengan cara penyedia layanan arus mendorong pengunjung situs dengan memasukan alamat email.

e. Media Sosial

Kegiatan pemasaran melalui media sosial merupakan kegiatan yang paling popular dilakukan dalam digital marketing atau pemasaran digital, karena media sosial ini merupakan sala satu platform yang banyak digunakan untuk berinteraksi. Pelaku bisnis jasa dapat mempromosikan layanannya dengan melakukan promosi semenarik mungkin seperti dalam hal desain dan copywriting agar dapat menarik konsumen.

3. Bangun Kedekatan dan Kepercayaan dengan Konsumen

Pemasaran digital merupakan sala satu strategi terbaik untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Pasalnya, dalam pemasaran digital sangat memungkinkan untuk komunikasi dua arah. Komunikasi tersebut juga dapat dilakukan secara virtual yang mana dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sehingga apabila konsumen memiliki masala terhadap layanan kita, perusahaan dapat memberi solusi atau feedback secepatnya. Dengan begitu perusahaan dapat membangun kedekatan dengan pelanggan dan mampu menumbuhkan kepercayaan konsumen pada layanan yang ditawarkan.

4. Bangun Pelayanan yang Baik bagi Konsumen

Pelayanan merupakan sala satu komponen penting dalam pemasaran. Karena dengan pelayanan yang baik, konsumen cenderung akan merasa puas terhadap layanan yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu bangunlah pelayanan sebaik mungkin dengan cara seperti melayani konsumen dengan respon yang cepat, menggunakan tata bahasa yang baik, dan menyelesaikan masalah secepat mungkin.

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut, pelaku bisnis jasa diharapkan dapat memaksimalkan kegiatan promosinya dan mendapatkan target pasar yang sesuai. Dengan strategi pemasaran melalui internet yang tepat sebuah perusahaan jasa dapat mempromosikan jasanya dengan jangkauan yang lebih luas sehingga diharapkan mendapatkan keuntungan dari promosi yang telah dilakukan. Demikian penjelasan mengenai strategi digital marketing dalam pemasaran jasa. Semoga artikel ini dapat membantu para pelaku usaha jasa untuk kegiatan promosinya dan juga para pembaca.

Penulis :

Nama : Suci Lisdiani

Jurusan : Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Jenderal Soedirman

Editor :Tim Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini