Minggu, 27 November 2022

Perbaiki Kualitas Perencanaan Daerah, DPRD Banjarnegara dan Baperlitbang Buat Terobosan dengan FGD

Pemkab Banjarnegara bersama dengan DPRD Banjarnegara saat menggelar FGD terkait arah kebijakan prioritas daerah dan pokir DPRD di Hotel Baturraden, Senin (31/10/2022). (Dok Baperlitnang Banjarnegara)

Demi menyelaraskan dan harmonisasi arah kebijakan prioritas daerah dan pokok pikiran (pokir) anggota, DPRD Banjarnegara menggelar focus group discussion (FGD). FGD terkait penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024.


Banjarnegara, serayunews.com

FGD terkait dengan arah kebijakan pemerintah daerah bersama dengan anggota DPRD Banjarnegara ini merupakan kali pertama. Banyak pihak yang terlibat, termasuk dengan melibatkan sejumlah pihak sebagai narasumber. Narasumber itu mulai dari Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara hingga Dispermades PPKB dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara Yusuf Agung Prabowo mengatakan, FGD ini merupakan terobosan baru dari Baperlitbang bersama dengan DPRD sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas perencanaan pembangunan daerah.

“Ini merupakan satu upaya dan penerapan sinergi dan integrasi perencanaan pembangunan daerah untuk akselerasi dan harmonisasi penyusunan rencana kerja pemerintah daerah di Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Menurutnya, arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2024 tentu berdasarkan pada RKPD Banjarnegara, yakni pemantapan komoditas wilayah untuk mendukung perekonomian daerah yang berkelanjutan berbasis pertanian. Sehingga RKPD tahun 2024 yang menjadi prioritas adalah peningkatan kualitas SDM dan penguatan perekonomian daerah berbasis pertanian berkelanjutan.

Sorotan Rencana Pembangunan

Selain itu, peningkatan kualitas infrastruktur daerah, pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran juga menjadi bagian prioritas pembangunan daerah. Termasuk, peningkatan tata kelola pemerintahan, dan peningkatan kondusivitas wilayah.

Dalam FGD tersebut, sejumlah anggota Fraksi DPRD Banjarnegara menyoroti rencana pembangunan daerah. Anggota Fraksi PPP Achmad Zakaria menyoroti kesiapan dan penguatan data dalam perencanaan pembangunan daerah. Tak hanya itu, masalah dukungan terkait visi misi jangka panjang daerah Banjarnegara yang maju berbasis pertanian juga menjadi sorotan dari anggota Fraksi Partai Golkar Bawono. Masalah perbaikan pendidikan, kesehatan, perpustakaan, pertanian, perizinan, dan UMKM juga menjadi sortan dari anggota Fraksi PKB DPRD Banjarnegara Siti Komariah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan Program Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara Muhamad Mu’iz Raharjo menyampaikan bahwa saat ini Banjarnegara memiliki Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024.

“Proses penyusunan RKPD Tahun 2024, jadwal Pokok-pokok pikiran DPRD akan buka lebih awal, yakni mulai November 2022 hingga sepekan sebelum Musrenbang RKPD 2024 atau sekitar Februari 2023,” katanya.

“Kami juga berharap dari FGD ini, pokok-pokok pikiran anggota DPRD Banjarnegara dapat mendukung semua itu. Semua anggota yang hadir menyatakan mendukung dan berkomitmen untuk melaksanakan Harmonisasi Arah Kebijakan Prioritas Daerah dengan Pokok-pokok Pikiran DPRD Kabupaten Banjarnegara untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini