Rabu, 19 Januari 2022

Peringati HMPI 2021, Purbalingga Tanam 1000 Batang Pohon

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama Suami Riza Diansyah melakukan penanaman pohon beringin, peringati HMPI 2021, di Kawasan Curug Sumba, Purbalingga, Minggu (28/11/2021) (Amin)

Berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 24 Tahun 2008, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Berlokasi di kawasan Curug Sumba, Desa Tlahab Kidul, Pemkab Purbalingga menggelar upacara peringatan HMPI 2021. Usai upacara, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melakukan penanaman pohon beringin di sekitar lokasi.


Purbalingga, serayunews.com

Bupati Tiwi memimpin langsung upacara peringatan HMPI 2021. Dalam pidatonya, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama ikut menjaga kelestarian lingkungan. Di antaranya melalui penanaman pohon, sebagai bentuk konservasi.

Baca juga  Tanah Longsor di Desa Tumanggal Purbalingga, Akses Jalan Tertutup 

“Pohon sangat penting untuk konservasi mata air,” ujarnya dalam pengarahan apel Hari Menanam Pohon Indonesia di kompleks Lokawisata Curug Sumba, Tlahab Kidul, Karangreja, Minggu (28/11/2021).

Acara peringatan HMPI ini dilakukan bersama dengan para pegiat alat lintas komunitas. Mengusung tema ‘Nguri-uri Tuk’, dilakukan penanaman 1000 batang pohon. Mulai dari jenis beringin, pulai, bambu, dan juga tanaman buah.

“Saya terima kasih dan apresiasi para pegiat alam. Benar, kelestarian alam adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

Tiwi yang hadir didampingi suami Riza Diansyah, mengatakan bahwa menanam pohon juga sebagai bentuk investasi. Manfaatnya tidak hanya dirasakan saat ini, tapi juga mewarisi anak cucu kelak. Sebab ketersediaan mata air tetap terjaga untuk jangka panjang. Selain itu, manfaat tanaman tentu bisa mengurangi emisi karbon. Menjadikan udara tetap sejuk dan sehat.

Baca juga  Jelang Perayaan Natal, Sejumlah Gereja di Purbalingga Disterilisasi

“Kita jaga alam ini kita ini, untuk kita sendiri dan juga anak cucu kita kelak,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Priyo Satmoko menjelaskan acara tersebut juga sekaligus menyongsong Hari Jadi Kabupaten Purbalingga ke 191. Kegiatan penanaman, kata dia, dilakukan di empat desa yaitu Tlalab Kidul, Tlagayasa, Ponjen dan Dagan.

Sementara itu, koordinator komunitas pecinta alam Rully Suyitno mengapresiasi kehadiran Bupati Tiwi.

“Kami menyambut baik dukungan pemerintah dalam upaya kelestarian lingkungan,” ujarnya.

Sebelumnya, ujar dia, pecinta alam lintas komunitas sudah kerap melakukan penanaman pohon secara swadaya.

Baca juga  Pekan Pertama Tahun 2022, Demam Berdarah Sudah Serang Penaruban Kaligondang Purbalingga

“Kalau hari ini kami sekitar 250 orang yang ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon di empat desa,” katanya.

Malam sebelum acara pegiat alam juga menggelar sarasehan dengan tajuk ‘Pecinta Alam Purbalingga Ngapain Sih?’ yang menghadirkan narasumber Gunanto ES (Ketua Ekspedisisi Sisik Naga), Muhammad Kholik (Griya Petualang Indonesia), Teguh Pratomo (PPA Gasda) dan Rully Suyitno (PPA Mayapada).

Berita Terkait

Berita Terkini