Jumat, 12 Agustus 2022

Permainan Tradisional, Karnaval, hingga Pagelaran Wayang Kulit Akan Semarakkan HUT RI di Cilacap

Potret suasan pertandingan sepak bola antar kampung di Desa Karangjati Sampang dalam semarak HUT RI ke 77 (Ulul Azmi).

Dalam menyemarakkan HUT RI ke-77, Pemkab Cilacap bakal menggelar berbagai kegiatan seni budaya hingga karnaval termasuk aneka perlombaan tempo dulu. Untuk itu, warga masyarakat di berbagai pelosok diimbau ikut menyemarakkan dengan kegiatan yang murah namun meriah.


Cilacap, serayunews.com

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri mengatakan, hal itu sesuai dengan keingianan bupati. Bupati Cilacap meminta agar peringatan HUT RI murah namun meriah. Kemudian mengedepankan berbagai kegiatan yang tidak meninggalkan unsur budaya lokal.

Baca juga  Kaget Lihat Ular Cobra 1,5 Meter Masuk Perangkap Tikus, Warga Minta Bantuan Damkar Cilacap

“Banyak permainan tempo dulu seperti egrang, gobag sodor dan bulutangkis dengan kayu triplek juga akan ada di pendapa. Kita imbau buat surat edaran untuk kecamatan, sama gelar kegiatan murah tapi meriah. Hidupkan kegiatan seni budaya lokal tempo dulu,” ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Selain lomba, sejumlah kegiatan akan berlangsung seperti karnaval pembangunan, dan pengajian akbar di sejumlah titik distrik sepeti Majenang dan Sidareja. Tak hanya itu, peringatan HUT RI juga akan meriah dengan pementasan ketoprak dan wayang kulit.

“Kebetulan pada momen HUT RI juga akan ada festival nelayan sedekah laut. Namun untuk anggaran ada yang kita pangkas. Semisal kereta kencana yang dulu sewa dari Yogyakarta, sekarang pakai kereta lokal,” ujarnya.

Baca juga  Miris! Jumlah Kasus Kekerasan Anak di Cilacap, Mencapai 43 Orang

Untuk itu, dengan kegiatan yang murah namun meriah, Pemkab berharap peran serta dunia usaha agar mengoptimalkan CSR-nya. Hal itu dalam mendukung peringatan HUT RI ke-77 di Cilacap ini.

“Sejumlah kegiatan sudah kita laksanakan dengan new mormal seperti car free day, tapi masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan,” tambahnya.

Selain kegiatan tersebut, Sekda juga menginstruksikan kepada warga Cilacap agar secara serempak mengibarkan bendera merah putih dari tanggal 1-31 Agustus 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini