Minggu, 27 November 2022

Piala Dunia 1990 dan Nama Negara yang Sudah Hilang di Peta

Trofi Piala Dunia. gambar: 3D Animation Production Company dari Pixabay

Piala Dunia adalah ajang sepak bola yang berlangsung empat tahun sekali. Ajang pertama berlangsung pada 1930. Sempat berhenti karena Perang Dunia II, Piala Dunia kembali berjalan pada 1950.

Sejak tahun 1930 sampai 2018, telah banyak momen dan juara yang muncul. Salah satu momen unik terjadi di tahun 1990. Kala itu, Piala Dunia berlangsung di Italia. Menjadi unik karena itu adalah masa-masa akhir perang dingin antara Amerika Serikat melawan Uni Soviet.

Setelah perang dingin berakhir, muncul beberapa negara baru dan ada juga nama negara yang hilang. Inilah beberapa nama negara yang tampil di Piala Dunia 1990 dan kini sudah lenyap. Secara geografis tetap ada, tapi nama negaranya sudah lenyap.

Uni Soviet

Uni Soviet lolos ke Piala Dunia 1990. Mereka ada di grup B. Tapi mereka gagal ke babak gugur karena kalah dari Argentina dan Rumania, hanya menang atas Kamerun.

Negara Uni Soviet kini tak ada lagi. Negara besar itu pecah berkeping-keping. Yang aku ingat kenapa negara itu bubar, salah satunya adalah Glasnots dan Perestroikanya Michael Gorbachev.

Keterbukaan Gorbachev membuat banyak bagian Uni Soviet ingin merdeka. Setahuku salah satunya adalah itu.

Uni Soviet pecah jadi banyak negara. Ada Ukraina, Belarusia, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan beberapa lainnya, termasuk tetap ada Rusia yang paling luas wilayahnya.

Jadi, Piala Dunia 1990 adalah ajang terakhir Uni Soviet di Piala Dunia. Uniknya di Euro 1992, Uni Soviet lolos tapi karena sudah bubar, namanya berganti CIS.

Yugoslavia

Yugoslavia juga lolos ke Piala Dunia 1990. Mereka tersingkir di perempatfinal dari Argentina melalui adu penalti. Momen legendaris laga ini adalah saat adu penalti, Maradona gagal bikin gol.

Negara Yugoslavia pecah. Mereka menjadi Kroasia, Montenegro, Bosnia dan Herzegovina, Slovenia, Masedonia Utara, Serbia.

Sebenarnya pada Piala Dunia 1998, nama Yugoslavia masih ada tapi dengan teritori yang menyempit. Sampai kemudian nama Yugoslavia versi 1998 itu berubah jadi Serbia dan Montenegro pada 2006. Lalu, Serbia dan Montenegro memutuskan menjadi negara sendiri-sendiri sehingga ada negara Serbia dan ada negara Montenegro.

Jerman Barat

Dulu Jerman masih dibagi dua yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Dalam urusan sepak bola, Jerman Barat lebih berprestasi. Mereka pun juara di Piala Dunia 1990. Piala Dunia 1990 adalah Piala Dunia terakhir negara Jerman Barat.

Tapi dua negara itu bersatu. Maka kini yang ada adalah Jerman. Tak ada lagi Jerman Barat dan Jerman Timur. Euro 1992 adalah pertama kali Jerman bersatu ada di kancah turnamen sepak bola elite.

Cekoslowakia

Cekoslowakia main di Piala Dunia 1990. Mereka kalah di perempatfinal dari Jerman Barat. Nama negara Cekoslowakia kini tak ada lagi.

Sejak 1 Januari 1993, Cekoslowakia pecah secara baik-baik menjadi Republik Cek dan Slowakia. Perpecahan secara baik-baik itu dinamai Revolusi Beludru.

Mereka pecah, setahu saya dari referensi yang pernah saya baca karena budaya. Bangsa Cek lebih seperti Jerman dan bangsa Slowakia seperti Hungaria.

Kini tak ada lagi Cekoslowakia, yang ada adalah Republik Cek dan Slowakia. Republik Cek beribukota di Praha dan Slowakia beribukota di Bratislava.

Berita Terpopuler

Berita Terkini