Sabtu, 18 September 2021

Purbalingga Bakal Miliki Gedung Perpustakaan Senilai Rp 10 Miliar, Seperti Apa Kemewahannya?

Desain perpustakaan tampak depan. (dok istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan membangun Perpustakaan Megah. Biayanya dialokasikan mencapai Rp 10 miliar. Kemewahan fasilitas diharapkan bisa memberi dampak pada peningkatan literasi masyarakat.


Purbalingga, serayunews.com

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi Twihantarti mengatakan, anggaran pembangunan gedung perpustakaan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat.

“Alhamdulillah, kami mengusulkan ke pusat dan disetujui. Anggarannya sekitar Rp 10 miliar,” katanya.

Gedung Perpustakaan itu rencananya terdiri atas tiga lantai. Sejumlah fasilitas akan ada di situ. Antara lain ruang layanan bermain anak, ruang disabilitas, ruang internet, ruang pelatihan, ruang audio visual, ruang pameran dan area ekspresi pengunjung.

Desain perpustakaan tampak samping. (dok istimewa)

Jiah berharap, dengan adanya gedung yang megah berstandar nasional, serta fasilitas ruang lengkap dan sarana prasarana pendukung lengkap, angka kunjungan ke perpustakaan semakin meningkat.

Desain perpustakaan tampak atas. (dok istimewa)

Gedung perpustakaan itu rencananya akan dibangun di ruas Jalan Cahyana Baru Purbalingga. Tepatnya di selatan kantor Kecamatan Purbalingga dan di utara kantor PGRI Purbalingga.

“Nanti masyarakat ke perpustakaan bukan sekadar pinjam dan baca buku, tapi ada kegiatan literasi lainnya. Perpustakaan nanti jadi tempat wisata ,” katanya.

Dia menjelaskan, dari 1.208 usulan se-Indonesia, dari Jawa Tengah hanya dua daerah yang disetujui untuk pembangunan gedung baru. Yakni Kabupaten Purbalingga dan Brebes.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini