Sabtu, 29 Januari 2022

Ratusan Unit PJU Tenaga Surya Telah Terpasang di Purbalingga, Hasil Kolaborasi Rofik Hananto dengan KESDM

Ratusan unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) telah terpasang. Program ini merupakan kerjasama Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan DPR RI. Ratusan PJU TS ini tersebar di tiga Kabupaten, termasuk Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com 

Anggota DPR RI Fraksi PKS Rofik Hananto menyampaikan, program ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada DPR RI. Ditindaklanjuti dengan meneruskan ke KESDM. Sebab, PJU TS merupakan program kerjasama antara komisi VII DPR RI bersama dengan KESDM Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

Baca juga  Luuk de Jong Makin Tajam, Tapi Barcelona Dibekuk Real Madrid

“Lampu mampu menyala dan redup sendiri sesuai pasokan matahari dan menggunakan LED dalam sinarnya. Perhitungan nilai dari lampu tersebut lebih hemat dibandingkan lampu biasa, sebab menggunakan energi dari tenaga matahari dibandingkan sebelumnya yang menggunakan listrik dari PLN,” kata Rofik, Sabtu (01/01/2022).

Rofik mengatakan bahwa PJU TS adalah bentuk komitmen DPR RI bersama KESDM dalam membangun energi berkeadilan ke seluruh penjuru negeri. Hal ini juga selaras dengan Visi Indonesia Terang yang telah dicanangkan Presiden.

“Salah satunya dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dan juga penggunaan teknologi efisien dalam upaya konservasi energi untuk meningkatkan ketahan energi,” kata politisi dari PKS.

Baca juga  Ketua DPRD Purbalingga Divaksin Booster, Ini Pesannya ke Masyarakat

Rofik berharap keberadaan PJU TS ini mampu membuat lingkungan masyarakat menjadi lebih terang sehingga menciptakan suasana kondusif dan mengurangi terjadinya tindakan kriminal.

 “Harapannya lingkungan menjadi kondusif, ditambah penerangan ini menggunakan tenaga surya, sehingga ketika listrik PLN mati, lampu ini akan tetap menyala,” ujar Rofik.

Sejumlah 650 titik PJU TS itu berpasang di tiga wilayah kabupaten, Kabupaten Banjarnegara, Kebumen, dan Purbalingga. Di Kabupaten Purbalingga, lebih tepatnya di Desa Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang.

Masyarakat menyambut dengan baik keberadaan PJU TS ini. Pasalnya, mereka merasa lebih aman karena jalan-jalan yang sebelumnya tidak ada penerangan saat ini sudah diberikan penerangan yang cukup.

Baca juga  Pelukis Suhadi Gembot Gelar Pameran Tunggal 

“Sekarang kalau mati lampu, alhamdulillah masih ada penerangan jalan,” kata Sudarno, warga Desa Bantarbarang, Purbalingga.

Sudarno menambahkan, walaupun pada saat itu rumah warga sedang ada pemadaman listrik, namun berkat lampu bertenaga surya dari PJU TS jalanan tetap aman dilewati karena ada penerangan yang cukup.

Mereka berterima kasih kepada Rofik, karena lampu-lampu PJU TS itu merupakan program aspirasi yang ia salurkan selama 2 tahun di Dapil Jawa Tengah VII itu.

Berita Terkait

Berita Terkini