Senin, 23 Mei 2022

Nekat! Sarang Tawon Vespa Ukuran Jumbo Dievakuasi Petugas di Rumah Warga Sampang

Petugas damkar sedang mengevakusi sarang tawon vespa (dok istimewa)

Petugas Pemadam Kebakaran Cilacap evakuasi sarang tawon vespa di rumah milik Fauziyah Ulfah Desa Karang Tengah RT 02 RW 01 Kecamatan Sampang. Sarang tawon berukurunan jumbo tersebut semakin membesar dan bisa membahayakan pemilik rumah maupun lingkungan sekitar.


Sampang, serayunews.com

Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilacap Supriyadi mengatakan, bahwa pihaknya mendapat laporan dari masyarakat adanya sarang tawon jenis vespa di salah satu rumah warga di Sampang berukuran besar. Menindak lanjuti laporan warga dan medasari surat perintah tugas Kasatpol PP Cilacap, pihaknya menerjunkan tiga personil untuk evakuasi.

Baca juga  Belasan Fasilitas dan Wahana di Pereng Cilongok Ini, Jadi Pilihan Menarik Menikmati Libur Lebaran di Banyumas

“Sarang tawon jenis vespa/gajah/endas berhasil dievakuasi pada Rabu (19/05) malam sekitar pukul 20.00 WIB, selanjutnya dilakukan pembersihan,” ujar Supriyadi saat dikonfirmasi, Kamis (20/05).

Ia menambahkan, bahwa petugas yang terjun di lapangan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap, sehingga aman bagi petugas maupun lingkungan sekitar, karena tawon jenis ini sangat berbahaya dan sengatannya juga bisa mematikan jika jumlahnya cukup banyak.

“Tawon Vespa/Gajah/Endas tipe penyerang/predator bagi tawon lain, sering juga memakan tawon sendiri dan tawon lain. Penyerang ini kadang hanya sekedar lewat tanpa mengusiknya bisa menyerang dan menyengat, kalau tidak cepat ditangani, terkadang dapat menimbukan kematian,” katanya.

Baca juga  Pengamanan Objek Wisata di Cilacap, Diperketat Selama Libur Lebaran

Supri menambahkan, apabila ada kejadian tersengat tawon segeralah ditangani, baik melapor tenaga kesehatan desa, puskesmas dan dokter umum.

Adapun ciri-ciri tawon Vespa/Gajah/Ndas yakni Bentuk sedang, ada warna kuning di bagian tengah sebelum ujung belakang. Sedangkan tawon Baluh bentuk lebih besar, warna dominan hitam kecokelatan.

“Ukuran sarang ada yang sedang, bahkan ada yang besar hingga dua meter. Kemudian pada bagian sarangnya banyak lubang pintu, tidak hanya satu saja. Sehingga pastikan lubang sarang sebelum penanganan,” ujarnya.

Petugas damkar mengevakusi sarang tawon vespa (dok istimewa)
Baca juga  Soal Mudik, Ganjar Bicara Siaga dan Pamer Kuliner

Supri menambahkan, untuk teknik evakuasi pihaknya menggunakan cairan bahan bakar minyak seperti jenis premium yang dinilai cukup ampuh. Namun, diperlukan keahlian dan pengalaman dalam penanganan sarang tawon tersebut.

“Sebaiknya jika ada sarang tawon yang membahayakan lapor saja ke kita, jangan ditangani sendiri jika belum berpengalaman dan tidak dilengkapi APD,” ujarnya.

Untuk mempermudah pelaporannya, berikut nomor pelayanan Damkar Cilacap, yakni nomor Satpol PP Cilacap (0282) 534093, Pos Damkar Cilacap (0282) 537413, Pos Damkar Kroya (0282) 5298888, Pos Damkar Sidareja  (0280) 5265333 dan Pos Damkar Majenang (0280) 621013.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini