Jumat, 30 September 2022

Siap-siap, Akan Ada Destinasi Wisata Baru di Dataran Tinggi Dieng

Plh Bupati Banjarnegara saat meninjau jalan menuju Dieng Bosweisen yang dibuat secara seadaya. (Dok Kominfo Banjarnegara)

Dataran tinggi Dieng, memang selalu menarik untuk dikunjungi. Selain menikmati udara yang sejuk, para wisatawan juga disuguhi keindahan alam dan sejarah seperti candi, kawah, museum, hingga fenomena embun es di waktu tertentu.


Banjarnegara, serayunews.com

Kawasan Dieng masih jadi favorit para pelancong dari berbagai penjuru negeri, bahkan turis mancanegara.

Selain pesona candi, museum purbakala, kawah, dan seni budaya, Dieng juga sedang bersiap menyuguhkan satu tempat baru yang dijamin bakal memanjakan para wisatawan.

Dieng Bosweisen yang berada di Dusun Buntu, Desa Bakal, Kecamatan Batur Banjarnegara, saat ini sedang dipersiapkan menjadi lokasi wisata baru di dataran tinggi Dieng yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung.

Plh Bupati Syamsudin yang menyempatkan meninjau lokasi pada, Minggu (6/2/2022) ini mengatakan, Dieng Bosweisen merupakan satu tempat di dataran tinggi Dieng yang dianugerahi banyak hal dan sangat layak untuk dikunjungi.

Luasnya area serta keindahan alam yang tersaji mengelilingi kawasan tersebut tentu akan memanjakan pandangan mata wisatawan. Ladang kopi dan stroberi juga dapat dikembangkan di lokasi tersebut sebagai agro wisata. Tidak hanya itu, adanya sumber air panas juga bisa dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat pemandian.

“Kami melihat embrio destinasi wisata yang jika dikembangkan dengan baik, tentu akan menjadi sangat luar biasa. Apalagi kawasan ini masih masuk dalam dataran tinggi Dieng,” katanya.

Untuk pengembangan kawasan ini membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak, apalagi saat ini masyarakat melalui dana swadaya sudah membuat jalan tembus menuju Kawah Sikidang.

“Jalan tersebut nantinya bisa menjadi jalur alternatif untuk mengurai kemacetan saat banyaknya kunjungan wisatawan ke Kawah Sikidang atau pada waktu ada gelaran Dieng Culture Festival (DCF),” katanya.

Ketua Pengelola Dieng Bosweisen, Muharor sangat berharap dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara agar Dieng Bosweisen yang memiliki luas tanah hingga 50 hektar ini bisa dikembangkan dan ditata lebih baik lagi.

“Kami bersama perangkat desa, LMDH, Karang Taruna, Pokdarwis serta warga, untuk sementara hanya bisa menampilkan Dieng Bosweisen ini ala kadarnya saja. Kami berharap Pemkab memberi dukungan agar tempat ini semakin tertata baik,” katanya.

Menurutnya, Dieng Bosweisen ini nantinya bisa menambah objek wisata di Banjarnegara dan menjadi destinasi alternatif bagi wisatawan ketika mengunjungi Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Berita Terpopuler

Berita Terkini