Selasa, 28 September 2021

Sidara Akan Bikin Desa di Banjarnegara Bersaing di Era Industri

Soft launching sidara. (Maula)

Untuk meningkatkan kinerja dan kemandirian desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dispermades-PPKB) Kabupaten Banjarnegara melakukan soft launching Sistem Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara (Sidara) di Tikako Kalilunjar Banjarnegara, Kamis (26/8/2021).


Banjarnegara, serayunews.com

Dalam sambutannya, Bupati Budhi Sarwono memberikan apresiasi khusus kepada Dispermades yang telah mewujudkan Sidara. Sebab sudah saatnya desa mulai merumuskan program yang mengarah pada kemandirian desa.

Desa harus melakukan inovasi atau gagasan-gagasan baru, ide-ide yang out of the box, strategi yang matang untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik dan maju.

Adanya aplikasi ini merupakan satu solusi bagi aparat desa untuk mewujudkan inovasi dan langkah-langkah segar untuk pembaruan.

“Mari kita bersama-sama mewujdukan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera. Kalau desanya maju, insyaallah masyarakatnya juga akan terangkat derajat kesejahteraannya. Jangan menunggu contoh kita baru mengikuti, tetapi bergeraklah menjadi lebih baik sehingga kita menjadi contoh bagi yang lain,” katanya.

Dia juga berharap, Sidara ini nantinya dapat terintegrasi dengan Kecamatan maupun Dispermades. Itu artinya, sistem pengawasan dan pembinaan akan lebih mudah terkontrol. Selain itu penyediaan data yang akurat akan lebih sinkron antara data di desa dengan data yang ada di tingkat Kabupaten.

“Harapannya, ini akan menjadi embrio bagi Pemerintah Desa di Banjarnegara agar mampu bersaing dan menciptakan peluang positif di era industri 4.0,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara Hendro Cahyono mengatakan, dalam mewujudkan peningkatan perkembangan desa, perlu diadakan suatu terobosan peningkatan Sinergitas Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara.

“Dalam Sidara ini selain terdapat sistem informasi desa, juga terdapat panel data potensi desa, sehingga ini akan menjadi terpusat di tingkat kecamatan hingga kabupaten,” katanya.

Sidara ini akan mampu menjadi penyedia data potensi desa. Sehingga, ke depan desa akan bisa mendiri dengan memanfaatkan serta optimalisasi potensi yang ada.

“Ini memang hal baru untuk pemerintahan desa, sehingga implementasinya juga harus bertahap. Namun, kami yakin jika hal ini dapat diterapkan dan mampu memberikan perkembangan positif di desa. Sidara ini mulai dapat di akses pada laman http://sidara.smartvillage.center/,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini