BerandaNewsSukses Laksanakan Program BIAS, SDN 1 Bokol Purbalingga Raih Penghargaan dari Kemenkes

Sukses Laksanakan Program BIAS, SDN 1 Bokol Purbalingga Raih Penghargaan dari Kemenkes

Kepala SDN 1 Bokol Kecamatan Kemangkon Paulus Budiriyanta menunjukkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebagai SD Terbaik III Penyelenggaraan Imunisasi dalam rangka Peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2023.(Dok Dinkes Purbalingga).

SERAYUNEWS– Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Bokol, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebagai SD Terbaik III Penyelenggaraan Imunisasi dalam rangka Peringatan Pekan Imunisasi Dunia Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan, Minggu (7/5/2023)

“Alhamdulilah kita mendapatkan penghargaan. Saya mendampingi Kepala SD N 1 Bokol, Bapak Paulus Budiriyanta menerima penghargaan secara langsung dari Kemenkes hari ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga dr. Jusi Febrianto.

Lebih lanjut, Jusi mengatakan ada beberapa kriteria penilaian Satuan Pendidian Dasar untuk Capaian Imunisasi Anak Usia Sekolah. Pertama, merupakan sekolah sehat yakni sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi.

“Kedua capaian hasil pelaksanaan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah, red) 3 tahun berturut-turut diatasa 95 persen. Ketiga memiliki catatan cakupan Imunisasi BIAS Lengkap bahwa setiap anak kelas 6 sudah mendapatkan imunisasi sejak di kelas 1, 2 dan 5,” terangnya.

Penghargaan dari Kementerian Kesehatan. (dok Dinkes Purbalingga)

Kriteria penilaian selanjutnya memiliki strategi, inovasi, kolaborasi dan kemitraan dengan institusi lain yang terkait. Selain itu, ditambah dengan program unggulan sekolah yang diusulkan.

“Dari sekolah ini mengisi semuanya dalam aplikasi yang sudah disiapkan dari Kemenkes,” ujarnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengapresiasi penghargaan yang diraih oleh SD Negeri 1 Bokol sebagai Terbaik III Penyelelenggaraan Imunisasi. Bupati Tiwi berharap prestasi yang telah didapatkan ini bisa menjadi motivasi untuk lebih baik ke depannya.

“Hal ini bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lainnya terkait dengan penyelenggaraan imunisasi di satuan pendidikan. Selamat untuk SD N 1 Bokol,” ungkapnya.

Terkait