Telaga Menjer, Destinasi Wisata Dieng yang Indah Sekaligus Mistis
PariwisataWonosobo

Telaga Menjer, Destinasi Wisata Dieng yang Indah Sekaligus Mistis

Bagikan:
Telaga Menjer Wonosobo
Ilustrasi Telaga Menjer Wonosobo yang jadi tempat pesugihan (Foto: Pixabay/12019)

SERAYUNEWS – Telaga Menjer menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di daerah Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Menjer memiliki pemandangan alam yang indah sehingga cocok untuk bersantai. Namun, kesan mistis tidak lepas dari telaga ini.

Masyarakat sekitar masih mempercayai mitos yang beredar soal Telaga Menjer ini. Telaga Menjer merupakan tempat yang juga cukup terkenal sebagai tempat untuk mencari pesugihan.

Telaga Menjer tepatnya terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo, Telaga Menjer dapat ditempuh dengan jarak sekitar 8 kilometer.

Bila berkunjung ke telaga ini maka sebaiknya waspada karena bila tenggelam akan sangat berbahaya. Telaga Menjer memiliki kedalaman hingga 45 meter.

Telaga Menjer terbentuk karena letusan Gunung Pakuwaja. Airnya pun juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai PLTA.

Mitos Telaga Menjer Wonosobo sebagai Tempat Pesugihan

Berdasarkan mitos, dulu pernah ada seorang laki-laki yang ingin mencari pesugihan di Telaga Menjer ini. Namun, sesuatu terjadi pada orang tersebut.

Laki-laki itu minta diantar ke tengah-tengah Telaga Menjer. Ketika sampai di tengah, ia pun bercermin menggunakan permukaan danau.

Di air muncul bayangan bahwa sang ibu yang harus menjadi tumbal di pesugihannya. Laki-laki tersebut keberatan dan mengurungkan niatnya.

Ia lalu bergegas pulang. Namun sampai di rumah, ada kejadian aneh yang menimpa ibunya. Ibunya yang awalnya sehat rupanya sudah pingsan dan dalam kondisi kritis.

Akan tetapi, sang ibu akhirnya bisa kembali sehat seperti sedia kala.***