Senin, 4 Juli 2022

The Sumingah Wised, Wisata Baru di Purbalingga yang Menawarkan Pengalaman Seru

The Sumingah Wised, Wisata Baru di Purbalingga yang Menawarkan Pengalaman Seru

Mengabadikan momen melalui foto untuk saat inisudah begitu mudahnya. Maka tidak bisa dipungkiri l, berfoto saat berwisata menjadi hal yang wajib. Namun, apakah berwisata hanya sebatas untuk mendapat foto, sebagai kebutuhan sosial media (sosmed)? Mendapat pengalaman dan wawasan baru, harusnya bisa menjadi oleh-oleh berharga dari perjalanan wisata. Jika ingin berwisata dan menambah ilmu dan pengalaman, The Sumingah Wised sangat recomended untuk dikunjungi.


Purbalingga, Serayu news.com

The Sumingah Wised memberi warna baru wisata di Kabupaten Purbalingga. Beralamat di Desa Limbasari Kecamatan Bobotsari, The Samingah Wised menawarkan konsep wisata edukasi. Berkunjung ke Samingah akan memberikan pengalaman berharga atas aktivitas yang dilakukan.

Baca juga  Cerita Suka Duka Rahmat, Anggota Damkar di Banjarnegara Selama 21 Tahun Mengabdi: Dulu Sering Kena Prank Kebakaran Bohongan

Pendiri The Samingah Wised, Masnaryo mengungkapkan, The Samingah Wised merupakan wisata edukasi guna menyempurnakan program belajar mengajar di sekolah.

“Dengan metode bergembira sambil belajar, maka kehadiran The Samingah Wised ini akan menyempurnakan proses belajar mengajar,” katanya, Sabtu sore usai peresmian.

Ada sembilan pos untuk paket wisata edukasi. Masing-masing pos ada guru atau pendampingnya. Pos pertama : Tangga 99 yang terdiri dari 99 anak tangga yang setiap tangganya memuat keterangan asmaul husna. Pos Kedua, Dome Museum Tani Indonesia, berisi peralatan pertanian tradisional. Pos Ketiga : Pertanian lahan basah atau sensasi menanam padi dengan segala teorinya.

Baca juga  Menuju Grand Final, Finalis Duta Wisata Cilacap Diberi Pembekalan

Pos Keempat : pertanian lahan kering, Pos Kelima : budidaya ikan, Pos Keenam : Bermain  tangkap ikan liar di sungai, Pos Ketujuh : Paintball. “Paint Ball atau perang-perangan ini sebagai media belajar sejarah, bagaimana perjuangan menghadapi penjajah,” katanya.

The Sumingah Wised

Pos Kedelapan : wisata alam berupa mini tubing memanfaatkan aliran irigasi konstruksi peninggalan kolonial. Pos Kesembilan : berenang dengan fasilitas 3 kolam renang termasuk mendapat pendampingan cara berenang yang baik dari guru.

“Kami berusaha hi-tech di mana setiap pos yang dijalani terdapat barcode yang bisa discan akan memberi informasi pengetahuan-pengetahuan yang terkait langsung dengan pos tersebut, sehingga murid tidak perlu mencatat di kertas,” katanya.

The Sumingah diresmikan oleh Bupati Purbalingga yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda, Drs Agus Winarno MSi. Ditandai dengan membunyikan alat musik calung bersama dan pemotongan tumpeng.

Baca juga  Maling Cabai di Kutasari Purbalingga Sudah Diintai Warga, Begini Kronologinya

Pemkab mengapresiasi kepada putra daerah yang berkontribusi mengembangkan wisata di daerahnya sendiri. Pada kesempatan ini, Ia mengingatkan agar dalam mengembangkan wisata untuk memperhatikan Sapta Pesona, atau 7 keunggulan yang harus dimiliki daya Tarik wisata. Diantaranya : Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan.

“Kami atas nama Pemda, sangat apresiasi atas apa yang dilakukan Masnaryo, nguri-uri kearifan lokal, mensupport pariwisata Purbalingga supaya lebih maju , membuat daya Tarik, dan saya sangat berharap terbentuk kolaborasi yang sinergis sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisata,” kata Agus.

Berita Terkait

Berita Terkini