Senin, 21 Juni 2021

Tim Satgas Sasar Lapangan Rawa Bendungan Cilacap, Ini Hasilnya

Tim satgas pengamanan covid melakukan sosialisasi proker di Rawa Bendungan Cilacap (Irfan Miftah Ramadhan)

Suasana lebaran masih diramaikan warga untuk berkumpul dan mencari tempat untuk melepas kerinduan mereka dengan sanak saudara. Lapangan Gelora Jaya atau lebih dikenal dengan lapangan Rawa Bendungan jadi salah satunya. Lokasinya yang cukup strategis dilengkapi dengan banyaknya pedagang dan bebagai wahana yang dapat dinikmati anak-anak sehingga menjadi incaran warga untuk berkumpul di malam hari.


Cilacap, serayunews.com

Kapolsek Jeruklegi AKP Sulimin mengatakan, guna mengantisipasi Penyebaran Covid-19 di wilayahnya, tim satgas melaksanakan kegiatan patroli dan operasi masker kepada pengunjung yang memadati lapangan Rawa Bendungan tersebut pada Minggu (16/5/2021) malam.

“Dalam operasi tersebut Tim Satgas menjaring sedikitnya 18 orang warga yang tidak menggunakan masker. Kemudian mengedukasi dan memberikan himbauan agar menerapkan protokol kesehatan,” katanya kepada serayunews.com, Senin (17/5/2021).

Untuk memberi efek jera kepada mereka, kata dia, tim satgas memberikan sanksi sosial kepada para pelanggar. Berupa membaca teks Pancasila, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, Sit Up, Push Up dan kebersihan lingkungan.

“Dengan sanksi ini diharapkan mereka lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu para pelanggar yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan, juga diberikan teguran lisan dan tertulis,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahkan berita acara pelanggaran dan surat pernyataan tidak mengulangi pelanggarannya pun diberikan. Tim Satgas juga membatasi jam operasional pedagang, agar tidak menimbulkan kerumunan massa yang rentan terhadap penyebaran Covid-19.

“Setelah tempat wisata yang berpotensi  kerumunan seperti pantai dan lainnya, sekarang ini lapangan yang banyak dikunjungi masyarakat. Kedepanya tempat lain yang berpotensi berkerumun juga akan kita sasar,” jelasnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini