Kamis, 2 Desember 2021

Warga Bitingan Banjarnegara Ini Justru Terpimpa Longsor Susulan saat Kerja Bakti

Nasih nahas menimpa warga Desa Bitingan RT 4 RW 1, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Warga desa ini tertimpa longsor susulan saat melakukan kerja bakti membersihkan sisa longsoran yang terjadi pada Jumat (22/10/2021).


Banjarnegara, serayunews.com

Awalnya hujan deras yang terjadi pada Jumat kemarin menyebabkan tebing yang ada di belakang rumah Ikhsan warga Desa Bitingan, Kecamatan Pejawaran longsor sekitar pukul 19.30 WIB. Keesokan harinya, pemilik rumah bersama dengan warga melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran.

Kerja bakti dilakukan sekaligus membuat saluran air untuk mencegah terjadinya longsor susulan. Namun saat sedang melanjutkan kerja bakti, sekitar pukul 08.30 WIB, tebing setinggi 8 meter dengan lebar 15 meter kembali longsor dan menimpa bagian dapur rumah milik Ikhsan. Tak hanya itu, longsor juga sempat menimpa warga yang sedang melakukan kerja bakti.

Beruntung tidak ada korban jiwa, namun beberapa warga yang mengalami luka langsung dibawa ke pos kesehatan guna mendapatkan pertolongan. Sementara, pemerintah bersama dengan para relawan BPBD kembali melakukan pembersihan material dengan jarak aman.

Selain menimpa dapur rumah milik warga, longsor juga menimbun sebagain kolam milik warga yang ada di sekitar lokasi.

Kalakhar BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kabid Logistik dan Kedaruratan Andri Sulistyo mengatakan, saat ini korban sudah mendapatkan perawatan, begitu juga dengan bantuan logistik untuk keluarga korban. Untuk sementara warga yang rumahnya terancam untuk tinggal di rumah keluarga lain yang dinilai lebih aman.

“Kita sudah kirimkan bantuan, termasuk pendampingan kesehatan oleh tim PMI, tidak hanya itu kita juga sudah mendapatkan arahan dari Plh bupati agar penanganan dilakukan dengan hati-hati, mengingat potensi longsor susulan masih mungkin terjadi,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini