Sabtu, 18 September 2021

Wastam Nilai Penanganan Covid-19 Sukses, Sekalipun BNPB Memiliki Utang Rp 450 M

penanganan coid-19 banyumas, kasus covid-19 banyumas, angka kematian covid, berita terkini, berita hari ini
Wastam SE. (Shandi)

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Banyumas-Cilacap, Wastam SE menilai penanganan Covid-19 dinilai sukses. Sekalipun, badan yang intens mengurusi Covid-19 yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ternyata memiliki utang yang mencapai lebih dari Rp 450 miliar.


Purwokerto, serayunews.com

Anggota Komisi 8 DPR RI, Wastam SE mengatakan, Komisi 8 DPR RI cukup puas dengan kinerja BNPB. Buktinya, pada saat PPKM ini angka Covid-19 terutama di Jawa-Bali telah menurun drastis.

“Saat ini bisa dinyatakan sukses, menurun meski tidak 100 persen hilang. Terkait utang yang mencapai Rp 450 miliar. Pada saat itu memang BNPB memerlukan tindakan yang cepat untuk hotel karantina yang memang sampai sekarang belum dibayarkan,” ujar dia, Senin (13/9/2021).

Namun, lanjutnya, pemerintah tengah mempersiapkan anggaran untuk melunasi utang BNPB tersebut. Wastam mengatakan, anggaran untuk melunasi itu sudah disiapkan oleh negara dan sudah diketok pada beberapa waktu lalu.

“Anggarannya memang dari negara semua nanti. Sudah diketok di Banggar DPR, jadi nanti tinggal menunggu untuk dibayarkan,” kata dia.

Di sisi lain, meski PPKM Jawa-Bali dinyatakan sukses, pihaknya justru mendapatkan kabar adanya peningkatan Covid-19 di luar Jawa dan Bali. Hal tersebut membuat dirinya berpesan kepada seluruh daerah untuk selalu menjaga dan menyiapkan rumus atau formula untuk penanganan Covid-19 dengan cepat.

“Memang setiap daerah mempunyai rumus masing-masing, saya lihat dari dulu tidak ada satu rumus pun yang dapat menangani dengan tuntas, di seluruh negara,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini