Kamis, 11 Agustus 2022

Wow! Empat Pecatur Level Internasional Bertarung di Atas Kereta Api Kamandaka

Empat master catur bertanding di atas KA Kamandaka
Empat master catur bertanding di atas KA Kamandaka, Selasa (14/6/2022).(Foto : Hermiana E.Effendi)

Empat pecatur yang sudah merambah kancah internasional, Selasa (14/6/2022), bertanding di atas kereta api (KA) Kamandaka. Pertandingan di atas KA tersebut dalam rangka promosi KA Aglomerasi.


Purwokerto, serayunews.com

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, menggelar pertandingan catur di atas KA baru ada kali ini. Selain itu, merupakan kegiatan yang unik. Sekaligus hal ini untuk membuktikan kenyamanan KA. Bahwa, KA tidak hanya nyaman untuk bepergian, tetapi juga nyaman untuk pertandingan catur.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat“Hari ini ada 4 orang master catur yang ikut dalam pertandingan catur di atas KA Kamandaka jurusan Purwokerto – Cilacap PP ini. Mereka bisa melaksanakan pertandingan dengan nyaman sampai akhir, ini bukti bahwa KA nyaman,” katanya setiba di Stasiun Gumilir.

Baca juga  Jangan Lengah! Covid-19 Masih Ada, Meski Jumlah Kasus di Banyumas Masih Rendah Dibandingkan Kota Besar Lainnya

Daniel mengungkapkan, ke depan pihaknya berupaya untuk terus mengadakan kegiatan yang unik serta menarik. Kegiatan unik itu bisa di atas KA maupun di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto, sebagai sarana untuk promosi.

Empat orang master catur yang bertanding di atas KA Kamandaka yaitu Heladyanda Mutiara Mamuntu (11 tahun) dari Banyumas, Alya Sekar Kinasih (21 tahun) dari Banyumas, Akmalnaidi Akbar (21 tahun) dari DKI Jakarta, dan Farid Firmansyah (28 tahun) dari Jawa Barat.

Mereka merupakan atlet catur dengan segudang prestasi. Helandyanda misalnya pernah meraih peringkat 3 Catur Cepat U8 pada ajang Malaysia Open dan peringkat 2 Kejurprov Jawa Tengah 2019. Sedangkan Alya  merupakan peraih medali perak PON Papua 2021 dan Akmalnaidi Akbar pernah meraih peringkat 1 SCUA Fide rates Chess Tournament 2022 serta Farid Firmansyah peraih juara 3 Fide Online World Corporate Chess Championship 2021 dan peraih 2 medali emas PON Papua 2021.

Baca juga  Polresta Banyumas, Kejar Pelaku Pencurian Kambing dengan Modus Disembelih di Kandang
Tetap Nyaman

Usai bertanding, Alya mengatakan, pada awalnya ia sempat ragu melakukan pertandingan catur di atas KA. Terlebih di gerbong restorasi yang berdekatan dengan mesin KA, ia khawatir suara gemuruh mesin akan mengganggu jalannya pertandingan. Namun, setelah pertandingan dimulai, ternyata semua kekhawatirannya tidak terjadi.

Sebaliknya, Alya mengaku sangat nyaman bertanding di atas KA. Bahkan selama pertandingan berlangsung bidak-bidak catur sama sekali tidak tergeser akibat goncangan KA.

Pecatur Alya“Ternyata sangat nyaman bertanding di atas KA, tidak ada goncangan dan suara mesin juga tidak berisik. Saya sama sekali tidak merasa terganggu, justru yang sedikit mengganggu konsentrasi adalah pemandangan indah sepanjang perjalanan yang tampak dari jendela KA,” tuturnya.

Baca juga  Sebelum Lebih Banyak Korban, Pemkab Banyumas dan PT KAI Daop 5 Segera Perbaiki Perlintasan KA di Sumpiuh

Selain pelaksanaan pertandingan catur, Daop 5 Purwokerto juga menyosialisasikan cara pembelian tiket menggunakan KAI Access dan pembayaran terbaru secara elektronik menggunakan KAI Pay. KAI Pay merupakan alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access dan bagian dari transformasi digital untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan. Untuk menggunakan KAI Pay, setiap pelanggan perlu melakukan aktivasi KAI Pay di aplikasi KAI Access dengan mengisi data diri sekaligus mengisi PIN KAI Pay. PIN KAI Pay ini digunakan sebagai verifikasi pembayaran pelanggan sekaligus menjaga keamanan pembayaran.

Berita Terkait

Berita Terkini