Rabu, 20 Oktober 2021

Atasi Kelangkaan Plasma Darah Konvalesen, Lanud JB Soedirman Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah dalam rangka HUT ke-76 TNI di Lanud J.B. Soedirman, Rabu (29/09/2021). (Amin)

Ketersediaan plasma Konvalesen di PMI sempat mengalami masa darurat. Para pasien kesulitan ketika membutuhkannya. Berdasar hal itu, puluhan anggota puluhan personel Lanud J.B. Soedirman, Kodim 0702 Purbalingga, Batalyon 406/Candra Kusuma, dan Polres Purbalingga melakukan donor darah.


Purbalingga, serayunews.com

Danlanud J.B. Soedirman Purbalingga Letkol Nav Marino Adam Darmawan mengatakan kegiatan itu dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-76 TNI, yang jatuh pada tanggal 5 Oktober mendatang. Lanud J.B. Soedirman bekerjasama dengan unit transfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah di gedung Soewarno Lanud J.B. Soedirman Purbalingga, Rabu (29/9/2021).

“Kegiatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan, tapi sekaligus memperingati HUT ke-76 TNI,” katanya, Rabu siang.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat melalui PMI yang telah bekerja sama dalam mengatasi kekurangan darah di Kabupaten Purbalingga.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian sosial dan rasa kemanusiaan serta solidaritas warga Lanud J.B. Soedirman dalam membantu masyarakat,” katanya.

Menurutnya, setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti dan bermanfaat untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Melalui setetes darah bisa menyelamatkan kehidupan seseorang.

Sementara itu, Kakes Lanud J.B. Soedirman Letda Kes Andhika Wahyu bahwa donor darah ini adalah kegiatan kemanusiaan yang juga menampung para pendonor plasma Konvalesen atau pemberian plasma darah dari pasien yang telah sembuh dari covid-19. Selain itu juga sebagai terapi tambahan yang dapat meningkatkan peluang kesembuhan pasien covid-19.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.II Novi Marino beserta pengurus yang turut serta mendonorkan darahnya. Puluhan personel Lanud J.B. Soedirman, Kodim 0702 Purbalingga, Batalyon 406/Candra Kusuma dan Polres Purbalingga serta perangkat Desa dari Desa Wirasaba dan Desa Kembangan juga terlibat.

Berita Terkait

Berita Terkini