Jumat, 2 Desember 2022

Bupati Cilacap Raih Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi dari Menteri PANRB

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji (foto: Humas PANRB)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan atas hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2021. Penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi kali pertama juga berikan kepada pimpinan daerah, salah satu penerima penghargaannya adalah Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.


Cilacap, serayunews.com

Kabupaten Cilacap salah satu daerah yang menerima penghargaan hasil evaluasi pelayanan publik tahun 2021 dengan berhasil meraih predikat A atau pelayanan prima, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penenaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap.

Penghargaan tersebut diserahkah langsung Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji didampingi Kepala Dinas Disdukcapil Annisa Febriana dan Kepala Dinas DPMPTSP Awaluddin Muuri di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Selain penghargaan pelayanan publik dengan predikat A atau pelayanan prima, Bupati juga menerima penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi, bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Pekanbaru, Wali Kota Bandung dan Bupati Badung.

Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang telah berhasil meraih dua tahun berturut-turut mendapat predikat A atau pelayanan prima.

Sebelumnya, pada tahun 2021 telah dilaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap 548 instansi pemerintah daerah baik kabupaten/kota dan provinsi, serta 84 kementerian/lembaga.

Pada pemerintah provinsi, evaluasi ini dilakukan pada sistem administrasi manunggal satu atap (SAMSAT) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sedangkan pada pemerintah kabupaten dan kota, evaluasi dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan DPMPTSP.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyampaikan, bahwa secara nasional, indeks pelayanan publik mengalami sedikit penurunan. Hasil evaluasi tahun lalu menunjukkan angka 3,79, turun dari tahun 2020 yakni 3,84.

Penurunan itu disebabkan pandemi Covid-19 yang fluktuatif dan penambahan lokus evaluasi secara masif. Penambahan lokus evaluasi pada kementerian/lembaga sebanyak 28 instansi, 1 instansi pada tingkat provinsi, serta 293 instansi di tingkat kabupaten dan kota.

Untuk itu, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengingatkan pemerintah pusat maupun daerah, harus konsisten meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Setiap aparatur negara harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Menteri Tjahjo pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi Kinerja dan Pemberian Penghargaan Lingkup Kementerian/Lembaga dan Pemda Tahun 2021 melalui siaran pers yang diterima serayunews.com, Selasa (8/3/2022) malam.

Sementara itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan, bahwa penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab Cilacap, yang bersama-sama memberikan pelayanan baik kepada masyarakat. Pelayanan baik atau prima yang diberikan selama ini, merupakan hasil masukan dari masyarakat, agar jajaran pemkab Cilacap terus memberikan pelayanan terbaiknya.

“Perubahan ini sebetulnya karena kami mendengarkan masyarakat, apa keluhan masyarakat selama ini. Ternyata lambatnya pelayanan, semaunya melayani, lah sekarang budaya seperti ‘kenapa harus dipercepat jika bisa lambat, kenapa bisa murah jika bisa mahal, budaya itu harus dihilangkan, karena sekarang kami sudah menjadi pelayan masyarakat sudah terlanjur menjadi pelayan, maka harus melayani,” ujar Bupati.

Berita Terpopuler

Berita Terkini