Sabtu, 3 Desember 2022

Cilacap Zero Kasus Covid-19, Namun Belum Bisa Sekolah Tatap Muka 100 Persen

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di Kabupaten Cilacap. (Irfan)

Meski Kabupaten Cilacap dalam beberapa hari terakhir telah zero kasus Covid-19, namun nyatanya tak lantas berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar. Bahkan pembelajaran tatap muka (PTM) masih harus dilaksanakan dengan pola 50 persen dari kapasitas ruangan.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kastam mengatakan, penyebab dari belum bisa dilaksanakannya PTM seratus persen di Cilacap ini, lantaran masih berkategori B. Capaian vaksinasi, baik dosis pertama maupun kedua belum mencapai 80 persen.

“Kendalanya memang kita belum memenuhi syarat, saat ini capaian vaksinasi baru sekitar 70-79 persen. Jadi PTM-nya masih 50 persen dan maksimal 6 jam pelajaran,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (5/1/2022).

Sehingga, kata dia, meski saat ini sudah zero kasus namun tidak serta merta dapat melaksanakan PTM seratus persen. Apalagi sebagian besar pelajar di Cilacap juga telah melaksanakan program vaksinasi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan herd immunity saat pelaksanaan PTM berlangsung.

“Vaksinasi pelajar sudah, vaksinasi anak sedang berjalan. Jadi kami tinggal hanya menunggu capaian 80 persen saja,” tuturnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mempersiapkan pelaksanaan PTM seratus persen ini, dengan terus berkoordinasi bersama gugus tugas dan para kepala sekolah. Diketahui juga, selama pelaksanaan PTM sebelumnya tidak ada kendala yang berarti dan tergolong lancar.

“Alhamdulillah pelaksanaan PTM dalam beberapa bulan ini lancar, kemarin sempat khawatir karena libur nataru. Namun kami siasati dengan jadwal hari efektif dan libur, akhirnya bisa lancar juga,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini