Minggu, 19 September 2021

Desa Tumanggal-Tegalpingen Purbalingga Bakal Terhubung Berkat Program TMMD

Bupati dan Forkompinda Pemkab Purbalingga melakukan uparaca pembukaan dan penijanuan lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III. (Amin)

Desa Tegalpingen Kecamatan Pengadegan dipilih sebagai sasaran Program Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap-III Tahun 2021. Secara resmi kegiatan TMMD dimulai hari ini, Rabu (15/09/2021). Dipilihnya Desa Tegalpingen karena untuk melanjutkan program TMMD Reguler Ke-110 sebelumnya di Desa Tumanggal. Sehingga, nantinya akan menyelesaikan jalan tembus kedua desa tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

Komandan Kodim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas SH MHan menjelaskan, program fisik kali ini adalah pembukaan akses jalan baru sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 9 meter dan makadam 5 meter. Sehingga, jalan ini akan terhubung dengan jalan hasil TMMD Reguler Ke-110 sebelumnya di Desa Tumanggal.

“Desa Tegalpingen dipilih lokasi TMMD guna melanjutkan TMMD Reguler Ke-110 sebelumnya di Desa Tumanggal agar kedua pembangunan jalan saling terhubung,” kata Letkol Inf Decky, saat meninjau lokasi di Tegalpingen.

Upaca pembukaan TMM dilaksanakan bersama Bupati dan Forkompinda Pemkab Purbalingga, di Pendapa Dipokusumo. Setelah itu, rombongan meninjau langsung lokasi program pembangunan.

“Pembangunan fisik berupa pembukaan akses jalan baru sepanjang 1,4 kilometer dengan lebar 9 meter dan makadam 5 meter,” katanya.

Selain pembangunan jalan, juga ada tambahan pembangunan fisik berupa pemugaran 2 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Tegalpingen yang didanai oleh PMI Purbalingga dan BPR Artha Perwira. Ia berharap TMMD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam mempermudah aksesibilitas antar desa.

Pasiter Kodim 0702/Purbalingga Lettu Inf Muhammad Iskandar selaku pimpinan proyek menjelaskan pembuatan jalan tembus ini dilaksanakan secara gotong royong oleh TNI, masyarakat serta instansi pendukung yang lain. Pembangunan dilaksanakan mulai tanggal 15 September sampai 14 Oktober 2021.

“Sumber dana kegiatan TMMD ini berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 250.000.000 dan APBD Kabupaten Purbalingga Rp 280.000.000,” katanya.

Dalam pembangunan jalan tersebut juga di dalamnya terdiri dari pembangunan 2 unit jembatan dengan panjang 7 meter, dan 2 gorong-gorong. Menurutnya, pembangunan jalan ini selain memberi manfaat bagi masyarakat juga memberi manfaat bagi kemiliteran.

“Kodim 0702/Purbalingga merupakan salah satu kekuatan pertahanan darat yang terletak di Kabupaten Purbalingga, pembangunan jalan ini diharapkan dapat mendukung dan memperlancar dukungan logistik ke daerah pertahanan dan mendukung pertahanan darat bagian komunikasi,” katanya.

Sedangkan kegiatan non fisik TMMD, di Desa Tegalpingen juga dilaksanakan  berbagai penyuluhan. Penyuluhan tersebut di antaranya bidang mental ideologi, penyuluhan kesadaran berbangsa dan bernegara, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan kesejahteraan masyarakat, dan penyuluhan pertanian.

“Penyuluhan ini diharapkan dapat membentuk kesadaran masyarakat dalam bela negara, kesadaran hukum, ekonomi, kesehatan pendidikan dan agama,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini