Sabtu, 29 Januari 2022

Di Bawah Pohon Rindang, Menikmati Kesegaran Es Pisang Hijau di Sudut Kota Cilacap 

Es pisang hijau. (Irfan)

Bagi sebagian orang, menikmati es pisang hijau di siang hari merupakan suatu kenikmatan tiada tanding. Karena setelah beraktivitas biasanya butuh ketenangan dan menyejukan pikiran dengan menikmati hidangan dingin.


Cilacap, Serayunews.com

Menu khas Makasar ini, kini dengan mudahnya dapat dijumpai di berbagai tempat, termasuk Cilacap. Bahkan di kota Cilacap telah banyak penjual yang menawarkan es pisang hijau di sudut-sudut kota.

Salah satunya Supatmi seorang penjual es pisang hijau di Jalan MT. Haryono Cilacap. Ia menjual menu dingin ini dengan harga yang sangat terjangkau yakni lima ribu rupiah saja per mangkuk. Bahkan dagangannya selalu ludes diborong pelanggan setiap harinya.

Baca juga  Ada 36 Ruas Jalan di Banjarnegara yang Jadi Prioritas Pembangunan

“Biasanya siang hari, istirahat jam kerja. Ramai sekali yang datang, apalagi ini di bawah pohon besar enak untuk istirahat,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (5/1/2022).

Ia menjelaskan, bahan dasar untuk memuat pisang ijo ini antara lain, pisang manis atau yang lebih dikenal dengan nama pisang ambon. Pisang ambon matang ini dibungkus dengan balutan dadar berwarna hijau, serta dilumuri kuah santan kental.

“Untuk menambah sensasi manis dan gurihnya ditambahkan sirup DHT, susu kental manis, serta kacang giling. Dan untuk sensasi kesegarannya maka ditambahkan es batu,” tuturnya.

Baca juga  Cerai Itu Ada Syaratnya, Tidak Bisa Sembarangan, Inilah Penjelasan Pengadilan Agama Purwokerto 

Sementara itu, salah satu pembeli es pisang hijau bernama Suratno mengatakan, bahwa dirinya hampir dua hari sekali membeli es pisang hijau di sini. Alasannya, karena menu yang satu ini sangat enak jika disantap di siang hari yang terik.

“Panas-panas begini minum es pisang hijau kan enak, apalagi sambil selonjor di bawah pohon besar. Nikmatnya tiada tanding lah pokoknya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini