Sabtu, 8 Oktober 2022

Diguyur Hujan Semalaman, Turap Penahan Tebing di Desa Sadahayu Majenang Ambrol

Petugas kerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor di Desa Sadahayu Majenang Cilacap, Rabu (14/9/2022), Dok BPBD Cilacap.

Hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah Majenang Cilacap sejak Selasa malam hingga Rabu pagi. Imbasnya, turap penahan tebing sepanjang sekitar 13 meter ambrol. Untuk membersihkan material longsor, petugas kerahkan alat berat.


Majenang, serayunews.com

Berdasarkan data dan informasi BPBD Kabupaten Cilacap, turap penahan tebing longsor di jalan pengubung antar desa di Dusun Siluman, RT02 RW03 Desa Sadahayu, Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap.

“Lokasi turap penahan tebing di Dusun Siluman berada di Majenang bagian atas gunung. Sebab, hujan sejak jam sebelas malam hinga empat pagi,” ujar Analis Kebencanaan BPBD Cilacap Gatot Arief Widodo, Rabu (14/9/2022).

Adapun titik turap yang longsor sepanjang sekitar 13 meter dengan ketinggian sekitar 5 meter. Selanjutnya pembersihan material longsor yang berada di atas jalan dengan alat berat. Sehingga arus lalu lintas kembali normal, baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Penyebab ambrol karena hujan durasi lama. Sehingga ada sumber air dari bawah bangunan turap serta kontur tanah yang lembek,” ujarnya.

Gatot menambahkan, agar tidak terjadi longsor susulan butuh plastik atau terpal untuk menutupi bekas longsoran. Selain itu, memasang rambu berbahaya di area turap yang longsor. Sedangkan untuk kerugian material sekitar Rp35 juta.

“Mengimbau warga masyarakat untuk waspada dan berhati-hati. Sebab, menurut prakiraan BMKG di wilayah Indonesia dari tanggal 10 – 16 September 2022 berpotensi terjadi cuaca ekstrem,” pungkasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini