Sabtu, 31 Juli 2021

Duh…!! Kasus Positif Aktif Mencapai Lebih dari Seribu Orang, Ini yang Dilakukan Dinkes Cilacap 

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap sedang melakukan tes rapid antigen (dok istimewa)

Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap akan mengintensifkan tracing maupun testing guna mengetahui secara tepat warga yang terjangkit Covid-19. Ini dilakukan lantaran jumlah kasus positif aktif yang ada di Kabupaten Cilacap telah menyentuh angka lebih dari 1000 kasus atau  tepatnya 1114 Kasus.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griyani Dewi mengatakan, pihaknya telah meningkatkan tracing maupun tasting dalam menelusuri warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. Langkah tersebut sebagai upaya dalam penanganan Covid-19 yang belakangan ini cukup tinggi pertambahan kasusnya.

“Betul ini menjadi perhatian kami, karena pertambahan kasusnya juga sudah cukup mengkhawatirkan. Sehingga kami sudah lakukan beberapa upaya, salah satunya yang kami tekankan adalah tracing dann tasting,” katanya kepada serayunews.com, Sabtu (19/6/2021).

Ia menjelaskan, peningkatan tracing ini sudah dilakukan di dua kecamatan, yakni Cipari dan Kroya. Dengan melakukan test swab antigen terhadap warga yang kontak erat dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19. Dengan menambah jumlah warga yang di test maupun dalam pendataannya.

“Tidak ada perbedaan yang signifikan dengan sebelumnya, hanya saja jumlah yang ditest dan didata ini ditambahkan serta diperluas lagi. Supaya kami bisa dapatkan jumlah warga yang terjangkit secara lebih akurat,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, dalam pelaksanaan tracking juga, para tenaga kesehatan memberikan edukasi kepada warga supaya menerapkan protokol kesehatan. Serta menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi serta vitamin. Ditambah dengan istirahat yang cukup, serta berjemur pada pagi hari selama melaksanakan Isolasi mandiri dirumah.

“Disampaikan juga apabila terdapat  perkembangan yang sifatnya emergency atau darurat, supaya segera menghubungi Bidan desa atau petugas Satgas Covid-19 terdekat,” jelasnya.

Baca juga Ini Upaya Pemkab Cilacap Dalam Menggenjot Pertumbuhan Ekonomi 

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini