Minggu, 25 September 2022

Hadi Supeno Wafat, Eks Wabup Banjarnegara dan Eks Ketua KPAI yang Populer saat Urus Artis Arumi Bachsin

hadi supeno
Hadi Supeno. (Dok Pemkab Banjarnegara)

Berita duka muncul dari Banjarnegara. Mantan Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno meninggal dunia, Minggu (17/7/2022). Selain pernah dua periode menjadi Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi pernah memimpin Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada 2007-2010.


Banjarnegara, serayunews.com

Kabar duka ini meninggalnya Hadi cepat merambat di dunia maya. PMI Banjarnegara melalui twitternya mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hadi Supeno.

Sekda Banjarnegara Indarto juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hadi Supeno. Dari informasi yang didapatkan serayunews.com, Hadi meninggal pada Minggu (17/7/2022) sore di RSUD Banjarnegara. Sebelumnya Hadi ditemukan warga tak sadarkan diri di sekitar Gedung Balai Budaya Banjarnegara.

Beliau tercatat dua periode menjabat Wakil Bupati Banjarnegara. Pertama pada tahun 2001 sampai 2006 dan kedua pada 2011 sampai 2016.

Lelaki kelahiran 14 April 1959 ini pernah menjadi guru dan wartawan. Dia juga pernah menjadi pemimpin KPAI pada 2007-2010. KPAI adalah lembaga resmi negara yang konsen pada masalah anak.

Salah satu yang membuat nama Hadi Supeno cukup populer saat menjadi Ketua KPAI adalah saat kasus perginya artis Arumi Bachsin dari rumah. Kasus ini terjadi pada 2010 dan Arumi masih terdefinisi sebagai anak-anak.

Kala itu, Arumi lari dari rumah dan minta perlindungan. Berdasarkan keterangan Hadi Supeno waktu itu, Arumi minta perlindungan orang. Kemudian orang tersebut merekomendasikan KPAI. Lalu KPAI menyerahkan pada LBH APIK dan kemudian ke LPSK.

Kasus Arumi ini menarik perhatian publik kala itu. Beliau sebagai Ketua KPAI saat itu, sering menjadi narasumber pemberitaan.

Setelah tak lagi di KPAI, Hadi menang Pilkada Banjarnegara sebagai wakil bupati mendampingi bupati Sutedjo Slamet Utomo. Sutedjo-Hadi memimpin Banjarnegara sampai 2016.

Berita Terpopuler

Berita Terkini