Jumat, 30 September 2022

Jelang Imlek, Satgas Covid-19 Cilacap Antisipasi Peningkatan Mobilitas Masyarakat

Dok Satpol PP Cilacap.

Menjelang perayaan Imlek yang akan jatuh Selasa (1/2/2022) mendatang, Satgas Penanggulangan Covid-19 Cilacap mulai mengantisipasi meningkatnya mobilitas masyarakat.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Cilacap, Luhur Satrio Muchsin mengatakan, guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di perayaan imlek, pihaknya akan melakukan sejumlah pengetatan.

Melakukan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat, bakal dilakukan untuk membatasi potensi munculnya kerumunan.

“Selain operasi yustisi, dalam waktu dekat ini akan digelar sidak fasilitas Prokes di tempat umum. Kami harus pastikan bahwa tempat mencuci tangan, thermogun ataupun masker tersedia di sana dan berfungsi dengan baik,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (26/1/2022).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan menggelar gerai vaksinasi dan penyekatan di empat titik perbatasan pada, Sabtu dan Minggu pekan ini. Adapun empat titik perbatasan tersebut meliputi, Mergosari Dayeuhluhur, Sampang, Patimuan dan Jetis Nusawungu.

“Penyekatan digelar secara acak, untuk memastikan yang masuk Cilacap tidak terpapar Covid-19. Apalagi kemarin sempat ada pasien yang terpapar omicron dan sempat masuk ke Cilacap,” jelasnya.

Disisi lain, kata dia, peningkatan vaksinasi baik dosis 1, 2 dan 3 juga menjadi elemen yang tak bisa dipisahkan dalam menekan angka kasus Covid-19. Sehingga pihaknya pun mengimbau agar masyarakat berperan serta menuntaskan program vaksinasi sesegera mungkin, dengan melaksanakan vaksinasi di pusat kesehatan terdekat.

“Peningkatan kasus Covid-19 di Cilacap tergolong landai atau jika ditotol hanya ada 9 kasus. Namun kami meminta selama perayaan imlek, masyarakat tidak banyak beraktifitas di luar rumah,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini