Kamis, 29 September 2022

Mantap! Pemkab Banjarnegara Serahkan Bantuan 115 Alsintan untuk 84 Kelompok Tani

Sebagai upaya untuk mendukung pemenuhuan produksi tanaman pangan, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyerahkan bantuan 115 unit alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk 84 kelompok tani. Penyerahan dilakukan oleh Plh Bupati Banjarnegara di kompleks Balai Penyuluhan Pertanian Purwanegara, Selasa (28/12/2021).


Banjarnegara, Serayunews.com

Adanya bantuan alsintan bagi kelompok tani di Banjarnegara ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai satu upaya dalam meningkatkan produktivitas pertanian untuk mendukung ketahanan pangan.

Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin mengatakan, alsintan memiliki peran yang strategis dalam mendukung pemenuhan produksi khususnya tanaman pangan. Dia berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal oleh para kelompok tani. Sebab dengan adanya alsintan ini, petani akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, produktivitas meningkat serta ada efisiensi biaya pengolahan lahan.

“Penggunaan alsintan dapat mengurangi biaya produksi dan mempercepat proses produksi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, adanya alsintan dapat mengatasi kekurangan tenaga kerja serta menarik minat generasi muda untuk terjun di sektor pertanian. Pada kesempatan ini Plh Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan bantun alisntan ini. Dia berpesan kepada para kelompok tani untuk bisa mengelola dan merawat alsintan tersebut agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Diperlukan pengelolaan secara baik sehingga alsintan bisa awet,” katanya.

Sekretaris Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Banjarnegara Teguh Saptanto Sedyadi mengatakan, bantuan alsintan ini berasal dari APBN dan APBD Provinsi Jawa Tengah.

Dia menjelaskan bantuan alsintan yang diserahkan antara lain berupa satu unit traktor roda empat, empat unit traktor roda dua, 75 unit cultivator, 10 unit power thresser, 10 unit hand sprayer, dan corn seller sebanyak lima unit.

“Total ada 115 unit alsintan yang diberikan kepada 84 kelompok tani,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini