Minggu, 28 November 2021

Mantap! Vaksinasi di Pandanarum Capai 91 Persen

Pelaksanaan vaksinasi di Pandanarum. (Maula)

Sistem sosialisasi dan pendekatan yang dilakukan oleh tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara secara masif pada masyarakat terkait pelaksanaan vaksin Covid-19 berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin mencapai 91 persen.


Banjarnegara, serayunews.com

Pergerakan dan pendekatan yang dilakukan tim Sibat PMI dalam mengedukasi masyarakat di Kecamatan Pandanarum patut diancungi jempol. Tak tanggung-tanggung jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin minimal dosis 1 di wilayah tersebut sudah mencapai 91 persen.

Koordinator pelaksana kegiatan vaksinasi dan imunisasi Puskesmas Pandanarum Arif Pranyoto mengatakan, peran serta Tim Sibat Lawen di bawah koordinasi PMI Kecamatan Pandanarum dan PMI Kabupaten Banjarnegara diakui sangat vital dan memberikan kontribusi nyata untuk program percepatan vaksinasi di Kecamatan Pandanarum.

“Dengan usaha dan kerja keras serta edukasi yang diberikan oleh teman teman Sibat Lawen, Alhamdulillah saat ini capaian kegiatan vaksinasi di Kecamatan Pandanarum mencapai 91% dan merupakan angka tertinggi di wilayah Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Menurutnya, peran aktif dan keterlibatan kader PMI tingkat desa di bawah komando tim Sibat sangat membantu program sukses vaksin di Pandanarum, terbukti dari beberapa kali kegiatan vaksinasi dapat melayani masyarakat.

Bahkan setiap kegiatan bisa melayani hingga 1500 warga. Sinegitas ini tentu sangat baik dan harus ditingkatkan, tidak hanya dalam vaksin, tetqpi diharapkan juga kedepan semakin harmonis dan berjalan bersama dalam rangka membantu pemerintah melayani masyarakat dalam bidang sosial, kemanusiaan dan kesehatan.

Komandan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Lawen Kecamatan Pandanarum Adhe Benny Araneta mengaku bangga dengan kekompakan, komitmen, dan kerja keras kawan-kawan anggota Sibat yang tanpa mengenal waktu selalu totalitas untuk kemanusiaan.

“Semoga dengan semangat dan ikhtiar bersama, apa yang kami lakukan bersama dapat membantu pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara, khususnya di Kecamatan Pandanarum,” ujarnya.

Dedikasi dan loyalitas Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang dibentuk untuk menjadi garda depan hingga level desa dan masuk sampai lingkungan terkecil membantu pemerintah mengatasi masalah sosial kemanusiaan diharapkan optimal dan memberikan sumbangsih nyata dalam menciptakan lingkungan yang aman, sehat dan kondusif dalam berbagai sisi termasuk upaya mitigasi atau pengurangan risiko terjadinya bencana alam.

Berita Terkait

Berita Terkini