Sabtu, 13 Agustus 2022

Mengkhawatirkan, 18 Ribu Warga Banyumas Tergolong Miskin Ekstrem

Potret warga di Banyumas. dok Dinsospermasdes

Dinas Sosial Pembedarayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Kabupaten Banyumas memiliki catatan mengkhawatirkan. Sebanyak 18 ribu keluarga di Banyumas masuk dalam katagori kemiskinan ekstrem. Hal tersebut, berdasarkan data dalam SK Bantuan Pangan Kemiskinan Esktrem sejak tahun 2021 lalu.


Purwokerto, serayunews.com

PLT Kepala Dinsospermades Kabupaten Banyumas, Sugeng Amin melalui Kabid Pemberdayaan Sosial Penanganan Fakir Miskin, Sunadi memberikan penjelasannya. Mereka yang terkatagorikan kemiskinan ekstrem yakni pendapatannya kurang dari Rp 11.941 per harinya atau hanya Rp 350 ribu per orang setiap bulannya.

Baca juga  Belum Penuhi Tuntutan Warga yang Terganggu, Izin Operasional Hotel Rodamas Terancam Dicabut

Meski ada program RTLH dan BLT, dengan jumlah warga miskin ekstrem sebanyak itu tidak dapat mengcover dalam waktu bersamaan.

“Seharusnya tahun ini ada pengurangan. Jadi mereka yang mendapatkan bantuan RTLH dan BLT tidak masuk dalam katagori miskin ekstrem lagi,” katanya.

Tahun ini belum ada pendataan ulang secara kongkret. Namun, pihaknya akan terus menyalurkan bantuan dari data kecamatan maupun desa. Sehingga angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Banyumas, akan terus berkurang.

Berita Terkait

Berita Terkini