Senin, 23 Mei 2022

Pasca Banjir, NU Cilacap Peduli Bersih-bersih Fasilitas Umum dan Tempat Ibadah

Relawan Bagana Cilacap saat bersihkan lumpur sisa banjir di lingkungan sekolah di Nusawungu (NU Cilacap Peduli)

Sebagai bentuk kepedulian, NU Cilacap Peduli menggelar program recovery pasca banjir di wilayah Kecamatan Nusawungu Cilacap. Program yang dilaksanakan seperti layanan kesehatan gratis, bersih-bersih tempat ibadah dan fasilitas umum, serta pendistribusian logistik.


Nusawungu, serayunews.com

Setelah banjir di Nusawungu surut dan dapur umum ditutup pada Jumat (25/3) lalu, NU Cilacap Peduli masih menggelar aksi sosial program recovery pasca banjir. Sebab, setelah sekitar 11 hari dilanda banjir, masih dibutuhkan penanganan bagi korban terdampak, seperti lingkungan yang kotor, sumur yang tercemar air banjir serta penyakit yang menjangkit.

Baca juga  Kepengurusan Dikukuhkan, Forum HRD Banjarnegara Harus Ikut Pulihkan Ekonomi

Koordinator NU Cilacap Peduli Basit Wahib menyampaikan, program recovery pasca banjir terus digelar dengan menerjunkan tim relawan seperti dari Bagana dan Lembaga Kesehatan NU.

Menurutnya, recovery pasca banjir dibutuhkan masyarakat yang terdampak, seperti bersih-bersih tempat ibadah dan fasilitas umum yang sempat tergenang dan menyisakan kotoran/lumpur banjir.

“Recovery sudah dimulai sejak hari Jumat, setelah dapur umum ditutup kita masih distribusikan logistik, kemudian juga membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum seperti di Ponpes dan MTs NU Darussalam Nusawungu, selain itu kita juga sedot sumur warga yang tercemar banjir,” ujar Basit.

Baca juga  Alhamdulillah, Guru Ngaji dan Duafa di Cilacap Terima Bingkisan Lebaran

Pelaksanaan bersih di tempat ibadah dan fasilitas umum, sedikitnya melibatkan 50 anggota Bagana. Sisa lumpur bajir yang sempat terbawa banjir dibersihkan dengan disemprot menggunakan mesin pompa air, kemudian disterilkan dengan cairan disinfektan.

“Target kita juga bersihkan sumur yang tercemar banjir bersama himpunan ahli kesehatan lingkungan Indonesia (HAKLI),” ujarnya.

Selain membersihkan tempat ibadah dan fasilitas umum, NU Cilacap Peduli juga menggelar pelayanan kesehatan gratis bagi warga terdampak, karena banyak warga yang dilaporkan terserang gatal-gatal. Selain itu, distribusi logistik dari para donatur juga terus dilakukan.

Baca juga  Bangkitkan Perekonomian Warga Lereng Semeru, Pertamina Cilacap Bangunkan Kandang Ternak Komunal

Diketahui, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Nusawungu yang terjadi sejak tanggal 15 Maret 2022 berdampak kepada ribuan jiwa di sembilan desa. Sehingga, warga yang terdampak masih menjadi prioritas penanganan recovery pasca banjir, terutama dari NU Cilacap Peduli.

Berita Terkait

Berita Terkini