Minggu, 28 November 2021

Pelatihan Screen Printing Pada Pemuda Karang Taruna Dalam Mendukung Pengembangan Sektor Pariwisata dan Perekonomian Desa Widarapayung Wetan

Pengabdian Pada Masyarakat, Politeknik Cilacap dalam pelatihan screen printing untuk para remaja karang taruna Desa Widarapayung Wetan.

Desa Widarapayung Wetan merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap, desa ini merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah timur Kab Cilacap. Desa Widarapayung Wetan terkenal dengan wisata pantainya yang bagus dan merupakan salah satu wilayah pesisir pantai yang memiliki ombak yang sangat bagus untuk dijadikan tempat berselancar air (surfing).

Namun, sampai saat ini potensi sumber daya alam yang dimiliki desa tersebut belum didukung penuh dengan potensi sumber daya manusia yang ada agar dapat mendukung sektor perekonomian serta pariwisata desa sehingga menjadikan desa tersebut lebih berkembang dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Cilacap. Politeknik Negeri Cilacap sebagai satu-satunya badan pendidikan tinggi negeri yang ada di Kabupaten Cilacap, cukup prihatin dengan kondisi tersebut.

Para dosen di Politeknik Negeri Cilacap yaitu Mardiyana, Murni Handayani, Rosita Dwityaningsih, Theresia Evila P., Ulikaryani, Taufan R., Saiful Bahri melakukan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk  mengembangkan potensi sumber daya manusia yang ada di Desa Widarapayung Wetan agar dapat maju dan turut mendukung penuh potensi daerahnya agar dapat memajukan sektor perekonomian serta sektor pariwisata desa tersebut.

Kegiatan yang dilakukan oleh dosen Politeknik Negeri Cilacap tersebut yaitu pelatihan screen printing untuk para remaja karang taruna Desa Widarapayung Wetan. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 18-19 September 2021 dan diikuti oleh 20 peserta yang merupakan remaja karang taruna desa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan tambahan bagi para remaja karang taruna desa widarapayung wetan sehingga para remaja termotivasi untuk membuka usaha sablon (screen printing).

pelatihan screen printing untuk para remaja karang taruna Desa Widarapayung Wetan.

Keterampilan menyablon merupakan salah satu keterampilan yang memiliki pasar yang luas, tidak hanya dalam bidang percetakan tetapi juga bidang kuliner, kesehatan bahkan sampai bidang pariwisata juga membutuhkan keterampilan menyablon (screen printing).

Kegiatan pengembangan potensi sumber daya manusia yang sudah dilakukan oleh Tim PKm tidak hanya berupa pelatihan Sablon tetapi akan dilanjutkan dengan pelatihan batik dan pelatihan pengolahan limbah sablon dan batik yang akan dilaksanakan pada bulan November 2021 di Desa Widarapayung Wetan. Dengan demikian, serangkaian pelatihan tersebut diharapkan dapat turut mendukung perekonomian dan pariwisata Desa Widarapayung Wetan sehingga menjadikan desa tersebut lebih berkembang dan dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Cilacap.

 

Penulis :

MARDIYANA (POLITEKNIK NEGERI CILACAP)

Berita Terkait

Berita Terkini