Senin, 18 Oktober 2021

Ratusan Nelayan dan Pekerja Pelabuhan Cilacap Serbu Vaksinasi Pangkalan TNI AL

vaksinasi pelabuhan cilacap, vaksin covid-19, vaksinasi massal, vaksinasi nelayan, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini, cilacap
Pemeriksaan tekanan darah. (Ulul Azmie)

Ratusan nelayan dan pekerja pelabuhan di Cilacap mengikuti serbuan vaksinasi di area Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Sabtu (17/07). Vaksinasi yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Cilacap ini ditargetkan menyasar seluruh masayarakat maritim Cilacap, untuk mendukung program percepatan vaksinasi Pemerintah.


Cilacap, serayunews.com

Komandan Pangkalan TNI AL Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo mengatakan, vaksinasi sudah digelar pihaknya sebanyak enam kali dan akan terua ditingkatkan hingga menyasar seluruh masyarakat maritim di Cilacap seperti nelayan,  pekerja sektor perikanan dan pekerja pelabuhan di Cilacap.

Danlanal menambahkan, bahwa masyarakat maritim tergolong rentan terpapar Covid karena sering berinteraksi dengan orang dari berbagai daerah, sehingga diperlukan vaksin untuk menambah kekebalan tubuh.

“Dengan divaksin diharapkan herd immunity mereka bisa terjaga dengan baik sehingga bisa beraktifitas dengan masksimal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masing-masing,” ujar Danlanal.

Adapun jumlah sasaran masyarakat maritim yang divaksin kali ini sebanyak 500 orang, dengan melibatkan petugas vaksinator dari Balai Kesehatan Lanal Cilacap, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan  Rumkitban Kodim 0703 Cilacap.

“Diharapkan masyarakat nelayan bisa cepat divaksin dan sehat, mengingat aktivitas mereka cukup tinggi untuk melaut maupun pendistribusian hasil laut,” ujarnya.

Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo meninjau vaksinasi. (Ulul Azmie)

Sementara itu, untuk jalannya vaksinasi para peserta sudah didata sebelumnya sehingga tidak terjadi penumpukan peserta maupun antrean. Sedangkan untuk alur vaksinasi telah disiapkan jalur mulai dari pendafataran, skrining, penyuntikan vaksinasi hingga observasi dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

“Vaksinasi berjalan dengan protokol kesehatan ketat mulai dari cek suhu tubuh, mencuci tangan / hand sanitizer, memakai masker, dan menjaga jarak, diharpakan seluruh masyarakat maritim di Cilacap dapat tervaksin semuanya sesuai target,” ujarnya.

Salah satu nelayan Cilacap, Edi (40) menyambut baik adanya vaksinasi bagi masyarakat maritim terutama profesinya sebagai nelayan yang sering keluar daerah dan bertemu banyak orang. Sehingga setelah mendapat vaksin diharapkan bisa menambah kekebalan tubuhnya dan bisa terhindar dari Covid-19.

“Saya ucapakan terimakasih kepada Lanal Cilacap dan Pemkab Cilacap yang telah menggelar vaksin untuk nelayan, kita merasa terbantu dan diharapkan bisa dilanjutkan menyasar masyarakat yang tidak mampu seperti kami ini,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini