Jumat, 9 Desember 2022

Ratusan Siswa SMK Datangi Rumah Pintar Pemilu KPU Banjarnegara

Anggota KPU Banjarnegara M Syarif SW saat memandu siswa di RPP KPU Banjarnegara, Kamis (29/9/2022). (Dok KPU Banjarnegara)

Sedikitnya 230 siswa dari SMK Taman Siswa Banjarnegara, belajar tentang pemilu dan demokrasi di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Banjarnegara, Rabu (28/9/2022).


Banjarnegara, serayunews.com 

Kunjungan para siswa ke KPU Banjarnegara ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sesuai dengan kurikulum merdeka.

Sebelumnya, anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Syarif Sapto W, memberikan materi pemilu dan demokrasi di sekolah tersebut.

Di RPP KPU Kabupaten Banjarnegara, para siswa dipandu mengikuti wisata edukasi mengenal sejarah pemilu di Indonesia. Mereka diperlihatkan panel-panel data hasil pemilu dan pilkada, perlengkapan para relawan demokrasi dalam pemilu, serta mengikuti simulasi singkat penyelenggaraan pemungutan suara di TPS.

“Mereka diperkenalkan maket/miniatur tempat pemungutan suara (TPS) contoh surat suara, kotak suara, bilik suara, memasukkan surat suara ke kotak suara, juga mencelupkan jari di tinta setelah mencoblos,” ujar M Syarif Sapto Wiyogo.

Kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu tersebut, untuk melengkapi materi yang sudah disampaikan di sekolah sehari sebelumnya. Diharapkan melalui pembelajaran di luar kelas dan langsung ke KPU, para siswa menjadi lebih memahami tentang demokrasi dan penyelenggaraan pemilu. Apalagi, mereka adalah calon pemilih pemula dalam Pemilu maupun pilkada mendatang.

“Kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Banjarnegara yang sudah memfasilitasi para siswa, sehingga mereka dapat belajar bersama. Menurut kami, ini sangat bermanfaat,” ujar Anton, guru pendamping SMK Taman Siswa Banjarnegara.

Berita Terpopuler

Berita Terkini