Kamis, 11 Agustus 2022

Sejumlah Desa di Cilacap Banjir, Sebagian Warga Mengungsi

Salah satu titik lokasi banjir di Cilacap. Foto: dok BPBD

Sebagian besar wilayah di Kabupaten Cilacap diguyur hujan lebat sejak Sabtu hingga Minggu. Akibatnya pada Minggu (26/6/2022) sejumlah desa yang sebagian besarnya berada di Cilacap bagian barat terendam banjir.


Cilacap, serayunews.com

Dari laporan yang diterima Serayunews hingga Minggu malam, terdapat sedikitnya lima desa yang masuk di empat kecamatan diketahui terendam banjir. Adapun lima desa tersebut yakni, Desa Citepus dan Prapagan masuk Kecamatan Jeruklegi.

Kemudian Desa Cikendondong Kecamatan Bantarsari, Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung, serta Desa Kawunganten Kecamatan Kawunganten.

Baca juga  Nonton Yuk, Film "Maos" Karya Putra Cilacap, Angkat Sejarah Simbol Batik sebagai Perlawanan Tentara Belanda

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wijonardi, melalui Analis Kebencanaan Ahli Muda, Gatot Arif Widodo membenarkan hal tersebut. Menurutnya, banjir yang menggenangi sejumlah desa tersebut memiliki ketinggian bervariatif.

“Di Kawunganten hanya menggenangi jalan utama, saat ini sudah berangsur surut,” katanya kepada serayunews.com, Minggu (26/6/2022) malam.

Ia menyebutkan, banjir terparah terjadi di Desa Citepus, Prapagan serta Desa Cikendondong, yang tingginya mencapai lebih dari lutut orang dewasa. Sehingga puluhan warga di ketiga desa tersebut untuk malam ini mengungsi di tempat yang lebih aman.

Baca juga  Kalahkan Perseka, Command One Juara Liga 2 Askab PSSI Purbalingga

“Sementara masih menunggu pendataan lebih lanjut. Kami sudah kirim perahu karet ke beberapa lokasi yang genangan airnya tinggi,” tuturnya. (Irfan)

Berita Terkait

Berita Terkini