Update Kecelakaan KA Brantas vs Truk Tronton, Perjalanan KA Kembali Dilakukan, KAI Beri Kompensasi
News

Update Kecelakaan KA Brantas vs Truk Tronton, Perjalanan KA Kembali Dilakukan, KAI Beri Kompensasi

Bagikan:
KA Brantas
Setelah mengalami insiden kecelakaan dengan Truk Tronton, KA Brantas (KA 112) telah diberangkatkan kembali pukul 22.31 WIB. (Foto: Twitter Kereta Api Indonesia)

SERAYUNEWS– PT KeretaApi Indonesia memperbaharui informasi mengenai gangguan perjalanan Kereta Api (KA) di Lintas Jerakah-Semarang Poncol 1. Gangguan terjadi akibat insiden kecelakaan antara KA Brantas dengan Truk Tronton pada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah – Semarang Poncol, Selasa (18/7/2023) pukul 19.32 WIB.

 

Dalam update informasi yang disampaikan PT Kereta Api Indonesia melalui akun twitternya, menyebutkan, pascainsiden kecelakaan KA Brantas dengan Truk Tronton, pukul 22.19 WIB jalur hilir sudah dapat dilalui. Sementara jalur hulu masih dalam tahap evakuasi dan sterilisasi oleh unit terkait.

Disebutkan, meskipun sempat terbakar akibat insiden kecelakaan tersebut, KA Brantas (KA 112) telah diberangkatkan kembali pukul 22.31 WIB. Pihak KAI memberikan service recovery sebagai kompensasi kepada penumpang yang KA-nya mengalami keterlambatan, imbas dari gangguan operasional ini, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Menjawab sejumlah pertanyaan dari akun pengguna twitter lain, PT Kereta Api Indonesia menegaskan, atas keterlambatan yang terjadi imbas gangguan kecelakaan antara KA Brantas dengan Truk Tronton, maka akan diberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Adapun kompensasi atau service recovery atas keterlambatan KA antarkota, dengan waktu tempuh lebih dari 5 jam sebagai berikut:
1. Jika keterlambatan lebih dari 1 jam, maka penumpang akan diberikan kompensasi berupa minuman ringan.
2. Jika keterlambatan lebih dari 3 jam, maka penumpang akan diberikan kompensasi berupa makanan ringan dan minuman.
3. Jika keterlambatan lebih dari 5 jam, maka penumpang akan diberikan kompensasi berupa makanan berat dan minuman.
Untuk perjalanan KA imbas insiden kecelakaan KA Brantas dengan Truk Tronton, ada enam perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan, yaitu: KA 112 Brantas, KA 178 Kamandaka, KA 199F Kaligung, KA 111 Brantas, KA 129 Gumarang, dan KA 220 Kertajaya.
“Kami memohon maaf kepada para pelanggan yang terganggu perjalanannya akibat insiden tersebut. Kami secepatnya akan melakukan normalisasi jalur, agar perjalanan dapat kembali lancar,” ungkap VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam siaran persnya.
KAI telah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi di jalur kereta api, agar perjalanan KA kembali normal.
Editor: Kholil Rokhman