Rabu, 1 Desember 2021

Yayasan Rintisan Amal Bunda Gelar Layanan Kesehatan Gratis Lansia di Kesugihan

Yayasan Rintisan Amal Bunda menggelar kegiatan layanan kesehatan gratis bertajuk rumah sahabat lansia mobile, Jumat (22/10/2021).

Yayasan Rintisan Amal Bunda menggelar kegiatan layanan kesehatan gratis bertajuk rumah sahabat lansia mobile. Kegiatan itu digelar di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Kesugihan Cilacap, Jumat (22/10/2021).


Cilacap, serayunews.com

Ketua Yayasan Rintisan Amal Bunda Anita Ratna Faoziyah, M.Sc mengatakan, dalam kegiatan ini sebanyak 90 orang warga panti sosial lanjut usia mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, termasuk pemeriksaan kesehatan serta pemberian obat dan terapi.

“Ada 80 sampai 100 orang, jumlah total penghuni panti ada 100 orang, sekitar 90 persennya yang ikut kegiatan ini. Sudah kami mulai dari pukul 08.00 pagi sampai nanti sore,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (20/10/2021).

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang diberikan kepada para penghuni panti meliputi, pengecekan gula darah, pengecekan kolesterol, pengecekan asam urat serta terapi bagi lansia yang memiliki ganguan pada persendian. Pengecekan tersebut dilakukan oleh tiga relawan dokter yang merupakan relawan dari Yayasan Rintisan Amal Bunda.

“Kami alhamdulillah memiliki sejumlah relawan dokter dan perawat, serta beberapa relawan farmasi. jadi di setiap kegiatan ada petugas medisnya dan petugas obat,” tuturnya.

Program rumah sahabat lansia sendiri, lanjut Anita, merupakan kegiatan rutin yang digelar pada setiap bulannya di tiga lokasi, yakni di Masjid Al-Mannar, kantor yayasan Jalan Kinibalu dan di Jeruklegi Wetan. Dengan jumlah lansia pada masing-masing lokasi sebanyak 20 orang. Di sisi lain, Yayasan Rintisan Amal Bunda juga menggelar rumah sahabat lansia mobile seperti hari ini.

“Yang rutin 3 tempat, kalau yang mobile atau jemput bola seperti ini tidak berjadwal. Kami biasanya pilih tempat yang benar-benar tepat sasaran seperti panti lansia ini,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini